Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Delima Bagi Tubuh- Delima sudah dikenal memiliki banyak manfaat sejak  lama , sehingga buah ini diperkirakan berasal dari Iran Pembudi dayaannya kemudian dikembangkan di Timur Tengah , Arab Saudi , Afghanistan , India ke Asia Tenggara , termasuk Indonesia . Bahkan manfaat sebagai kemansyuran , delima berkembang pesat di tanah Perancis garnete pome biji apel signifikan sebagai buah delima memiliki 800 biji mampu dalamnya , yang kemudian diadaptasi oleh Amerika sebagai delima .
Manfaat Buah Delima Untuk Ksehatan Tubuh

Di Indonesia , delima sudah termasuk jarang dikonsumsi oleh orang-orang dibandingkan dengan buah-buahan lainnya . Bahkan kadang-kadang orang-orang baru mengetahui manfaat dari sebuah produk minuman delima komersial luar adaptasi , ekstraksi delima yang tak lain adalah buah delima itu sendiri .

Delima di Indonesia sebenarnya telah menjadi bagian dari budaya dengan memasukkan buah delima sebagai salah satu buah yang harus ada dalam perayaan Java 7 dan tingkat bulanan saat Tionghoa Indonesia etnis Tionghoa . Tapi sayangnya lebih memahami tentang kemanjuran delima masih belum dimanfaatkan secara optimal .

Selain dimakan langsung , buah delima juga bisa minum jus untuk kesehatan mulut, tenggorokan , usus , tulang , kulit dan bahkan suara . Dengan mengkonsumsi buah delima secara perlahan mampu menghapus suara serak dan mencegah kekeringan pada tenggorokan .

Selain kandungan vitamin A , C dan E , dan asam folat sudah manfaat terkenal , berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima membuatnya penuh manfaat .

Zat Pomegranate Potassium Bermanfaat Untuk Jantung

Setiap 100 gram biji delima yang dapat dimakan , mengandung kalium 259 mg / g dianggap penting untuk kesehatan jantung .

Bahkan ada penelitian yang menunjukkan munculnya penyakit jantung iskemik sampai 45 pasien dengan penyakit jantung iskemik oleh Dr . Dean Ornish MD , presiden dan penemu institusi nirlaba Preventive Medicine Research Institute , California , Amerika Serikat , untuk memberikan 8 ons jus delima setiap hari selama 3 bulan . Dan buah ini diyakini mampu mencegah penyakit jantung .

Zat Pomegranate Antioksidan Bekerja untuk Sel Dalam Tubuh

Delima mengandung 3 kali lebih banyak antioksidan daripada anggur dan teh hijau mengandung flavonoid yang memainkan peran penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh , dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit . Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai produk perawatan kulit .

Tekandung antioksidan dalam buah delima juga membantu mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan dalam pembuluh darah .

Beberapa penelitian dari Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa dengan meminum jus buah delima sebanyak 200cc setiap hari selama seminggu , dapat meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh sebesar 9 % seperti dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition . Baik studi dari Vanderbilt University Medical Center , Tennese yang menunjukkan penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer sebesar 76 % bagi mereka yang minum jus delima 3 kali atau lebih dalam seminggu .

Para peneliti di Skotlandia telah berhasil membuktikan hubungan antara konsumsi jus delima per hari sebanyak 500ml , dapat menurunkan kadar hormon stres kortisol pemicu yang signifikan dalam air liur . Penelitian dari Queen Margaret University , Edinburgh sekali lagi menunjukkan bahwa buah delima dapat mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga membuat tubuh merasa lebih rileks dan mencegah hipertensi .

Delima  Bermanfaat Untuk Pencernaan

Delima mengandung zat tannin yang tinggi , yaitu salah satu senyawa yang ditemukan dalam tanaman yang satu komponen astrigen dengan kemampuan untuk mengikat dan mengendapkan protein dapat diterapkan dalam pengobatan perdarahan ( hemostatik ) , tukak lambung ( luka terbuka pada lapisan perut atau usus 12 jari ) , wasir dan diare dengan cara mengecilkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang .

Zat tanin juga membantu usus mencerna dan menyerap protein secara langsung, sehingga mencegah mikroba dalam saluran pencernaan dalam memerangi rongga asupan protein dalam tubuh dengan membentuk tanin - protein yang mengikat . Bahkan diyakini di Mesir dan Vietnam sebagai cara alami dalam menghilangkan cacing dalam perut melalui feses .

Hal ini karena zat tanin dalam buah delima mampu membius cacing gelang , cacing kremi dan cacing pita dalam usus sehingga mereka dapat dilakukan dengan limbah tubuh lainnya saat buang air besar .

Dengan jenis pohon mudah dibudidayakan melalui biji , stek , tunas dan grafting , adalah tepat jika kita memanfaatkan sifat-sifat tanaman delima di halaman kami . Jadi selain panen buah , buah delima juga bisa menjadi tanaman hias yang menghijaukan daerah sekitar
Sekian riview manfaat atau khasiat buah delima . semoga artikel ini memberi pengetahuan baru untuk anda .
Previous
Next Post »