Komponen Ekosistem ( Abiotik Dan Biotik )

Komponen Ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi.

Komponen Ekosistem
Komponen Ekosistem
Ekosistem tak lain adalah suatu sistem ekologi yang dibentuk dari interaksi timbal balik yang tak bisa dipisahkan satu salam lain di antara mahluk hidup dengan lingkungan di sekitarnya. Ekosistem pada hakekatnya merupakan gabungan tiap unit biosistem yang kemudian di dalamnya melibatkan hubungan reprositas di antara organisme yang kemudian menjadikan siklus materi terjalin antara arganisme tersebut dengan anorganisme.

Mencermati pengertian ekosistem tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwa unsur yang penting di dalamnya tak lain adalah komponen-komponen yang saling terikat satu sama lainnya. Apa saja komponen ekosistem yang dimaksud ?

Abiotik Dan Biotik

Secara umum, komponen ekosistem terbagi pada dua kelompok yakni biotik dan abiotik. Komponen biotik sendiri merupakan komponen berupa mahluk hidup. Sementara itu komponen abiotik mencakup semua hal di luar mahluk hidup dalam sebuah satuan ekosistem. Meski tak hidup, namun komponen abiotik ini sangat mempengaruhi keberlangsungan hidup dari komponen biotik. Apa saja komponen abiotik tersebut, antara lain:
  • Suhu.
  • Tanah dan Batu.
  • Air
  • Udara
  • Cahaya
  • Iklim

Sementara itu komponen biotik mencakup beberapa hal yang dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Berdasarkan fungsi komponen tersebut, maka ia akan dibagi menjadi dua komponen dasar yakni autotrof dan juga komponen heterotrof. Pengertian keduanya adalah sebagai berikut :
  1. Autotrof tak lain adalah istilah yang menunjuk pada mahluk hidup yang bisa membentuk sendiri makanannya sendiri.
  2. Heterotrof sendiri adalah organisme konsumen yang tak bisa m
Previous
Next Post »