Obesitas : Gejala Obesitas, Penyebab, Faktor Resiko dan Mencegahnya

Obesitas didefinisikan kelebihan berat badan atau obesitas. Tapi secara medis, Obesitas didefinisikan sebagai kelebihan lemak tubuh. Obesitas meningkatkan risiko penyakit lain, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Dokter menggunakan indeks massa tubuh (BMI), yang didasarkan pada berat badan dan tinggi badan untuk menentukan apakah Anda menderita obesitas.

Sangat gemuk atau obesitas dikeal dengan kisaran obesitas morbid. Adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki indeks massa tubuh 40 atau lebih. Jika Anda termasuk dalam kategori ini dari obesitas morbid, Anda terancam dengan masalah jantung yang parah.

Obesitas , Gejala Obesitas, Penyebab, Faktor Resiko dan Mencegahnya

Gejala Obesitas

Gejala yang berhubungan dengan obesitas meliputi:

  1. insomnia
  2. mendengkur
  3. Berhenti bernapas selama tidur tiba-tiba
  4. Kembali atau nyeri sendi
  5. keringat berlebihan
  6. Saya selalu merasa panas
  7. Ruam kulit atau infeksi pada lipatan kulit
  8. Sulit untuk bernapas
  9. Sering mengantuk dan lelah
  10. depresi

Penyebab dan faktor risiko

Alasan
Ada pengaruh genetik dan hormonal pada berat badan . Yang paling penting adalah bahwa obesitas terjadi ketika tubuh menerima lebih banyak kalori daripada dibakar . Kalori yang kemudian menumpuk dan menjadi lemak.

Obesitas biasanya merupakan hasil dari kombinasi faktor-faktor berikut :

  • Menjadi aktif secara fisik dan oleh karena itu membakar lemak sedikit
  • Makan berkalori tinggi , makanan cepat saji , terutama
  • Beberapa wanita sulit untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan , memicu obesitas
  • kurang tidur
  • Beberapa obat , seperti obat diabetes , anti - kejang , antidepresan , antipsikotik , stimulan dan beta - blocker .
  • Masalah medis lainnya .

Faktor risiko

  • Gaya hidup
" Namun , 90 % obesitas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat , " kata obesitas dapat terjadi sebagai akibat dari banyak faktor , d . Angie Permadhi , MS , SpGK , dan klinik gizi khusus dari Fakultas Kedokteran , Universitas Indonesia .

Salah satu faktor adalah untuk makan di luar kebutuhan aktivitas tanpa perpindahan yang cukup , atau istilah mewah , dan gaya hidup (lifestyle tanpa banyak bergerak ) . Bahkan , membutuhkan aktivitas yang cukup untuk membakar kelebihan energi di sana. Jika hal ini tidak terjadi , maka kelebihan energi akan diubah menjadi lemak dan disimpan dalam sel lemak . Tapi , jangan panik segera ketika Anda mempertimbangkan jumlah makanan yang Anda makan semalam . Karena ini tidak terjadi dalam waktu singkat , namun dalam waktu yang relatif lama .

  • Faktor genetik
Hal lain yang juga dapat menyebabkan kegemukan adalah faktor genetik , hingga 25-35 % . Oleh karena itu , jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat obesitas , maka Anda lebih mungkin untuk menderita obesitas daripada mereka yang tidak . " Namun , faktor genetik juga terkait dengan masalah gaya hidup yang kurang sehat , " kata Dr . Angie. Jika ada anggota keluarga yang sedang menderita masalah obesitas timbul dari itu , dan kemudian akan mempengaruhi Anda juga.

  • Faktor-faktor lain
Beberapa hal lain yang berperan dalam obesitas adalah konsumsi obat-obatan tertentu seperti narkotika dan faktor usia depresi . Ketika Anda mendapatkan lebih tua , kinerja sistem untuk mengurangi metabolisme Anda . Hal ini menyebabkan penyimpanan lemak lebih cepat . Hasilnya? Tubuh Anda akan membengkak .

Bagaimana Mencegah Obesitas
Dan bahkan setelah penyakit hanya pria dewasa usia agak maju , obesitas sekarang dapat dengan mudah menyerang remaja , dan anak-anak hingga balitas .

Untuk mencegah obesitas dapat menyebabkan tindakan berikut :

  1. Sering latihan
  2. Makan makanan sehat rendah lemak
  3. Jaga berat badan yang sehat
  4. Selalu setuju dengan perencanaan untuk gaya hidup sehari-hari yang sehat


Ada rumus , Dr Aman tentang bagaimana untuk menghindari obesitas , yang merupakan " Formula 5210 " . Apalagi Aman Bhakti Pulungan dokter , kepala IDAI ilmiah , dan memberikan penjelasan untuk formula ini .

5 kali ( setidaknya ) untuk makan buah-buahan dan sayuran setiap hari
Pelestarian buah-buahan dan sayuran selalu ada , meskipun buah murah.

2 jam duduk terlalu lama sudah
Di luar waktu sekolah , anak-anak tidak harus duduk selama lebih dari dua jam . Harus dipangkas waktu menonton TV , bermain game , dan sebagainya . Kebanyakan duduk terganggu membuat metabolisme untuk membakar kalori dan obesitas tidak memicu .

1 jam aktivitas fisik setiap hari
Selain aktivitas fisik , satu jam sehari , dalam upaya untuk melaksanakan organisasi setidaknya selama 20 menit tiga kali seminggu . Aktivitas fisik bisa jalan , menaiki tangga , dan sebagainya . Kebiasaan mobil , dan pergi ke sekolah , dan mengambil langsung ke mobil lagi untuk dibuang . Olahraga untuk memilih dari , seperti jalan , lari, bersepeda , dan berenang .

0 gram gula
Yang paling mungkin konsumsi minuman manis . Saat ini , kebanyakan anak minum manis mondar-mandir , seperti teh dan jus . Semuanya harus dipotong dan mengganti banyak air minum .

Nah , kami berharap informasi tentang gejala-gejala dan penyebab obesitas sangat membantu bagi mereka yang membutuhkan . Setidaknya Anda bisa menambah wawasan . Terima kasih dan selalu menjaga kesehatan Anda .
Previous
Next Post »