5 Manfaat Buah Belimbing Untuk Obat

Berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi Manfaat Buah Belimbing Untuk Obat . Selain belimbing dalam istilah latin dikenal dengan Averhoa Blimbi L atau Averhoa Caramboa L, termasuk kedalam kelompok buah dikotil. Umumnya ditanam sebagai peneduh rumah .

Pohon belimbing ditemukan di Negara Malaysia paling banyak . Di negara Indonesia sendiri terdapat 19 jenis belimbing . Ada dua jenis yang paling banyak dimintai yaitu belimbing bangkok dan belimbing madu. Rasa dua belimbing ini  manis juga memiliki kandungan air yang lebih banyak dibandingkan jenis belimbing lokal jenis lain .
 Manfaat Buah Belimbing untuk obat

Kandungan Buah Belimbing 

Pada sebuah penelitian di dalam 100 gram belimbing, hasilnya terdapat 35mg Vitamin C, 36 kkal energi, 8.8 gr karbohidrat, 0.4 gr protein dan lemak. Selain terdapat kandungan Vitamin A, B1, Fosfor, Kalsium, dan zat besi.

Buah belimbing ini pun memiliki kandungan asam pantotenat atau B5 sebanyak 0.39 gr yang berfungsi untuk melepaskan dan memproses energi agar terbebas dari lemak, juga memberikan rangsangan untuk memproduksi hormone adrenalin yang berguna menghilangkan perasaan cemas pada seseorang .

Buah belimbing bisa dikonsumsi langsung dan  dan disebagian tempat dijadikan sayur, penghilang bau amis pada ikan yaitu jenis belimbing wuluh yang mempunyai rasa asam, biasanya belimbing ini juga disebut belimbing sayur.

Selain itu belimbing jenis lainnya bisa dijadikan hidangan pencuci mulut, jika dikonsumsi dengan jumlah yang cukup belimbing dapat memelihara kesehatan dan mengobati beberapa macam jenis penyakit, seperti dibawah ini :

1. Manfaat Buah Belimbing Untuk Darah Tinggi
Buah ini sangat baik untuk hipertensi atau darah tinggi. Karena kandungan kalium yang tinggi serta natrium yang rendah.

Jenis belimbing yang cocok dipakai untuk obat herbal ini adalah jenis belimbing wuluh. Sebelumnya cuci buah dengan baik dibawah air yang mengalir agar bersih dari segala kotoran yang menempel dikulitnya.

Lalu ambil 3 belimbing wuluh kemudian dipotong-potong dan direbus dengan 3 gelas air. Rebus buah dan air sampai tersisa kira-kira 1 gelas air saja, kemudian dinginkan. Air hasil rebusan ini dapat diminum pada pagi hari. Sedangkan untuk belimbing jenis lain yang mempunyai rasa manis dapat juga dijadikan sebagai jus yang dapat diminum pada siang hari.

Selain melakukan olahraga secara teratur, menghindari makanan dengan gula tinggi, terapi untuk diabetes juga dapat dilakukan dengan banyak mengkonsumsi buah-buahan yang mempunyai serat tinggi dan gula yang rendah. Buah-buahan yang dianjurkan oleh penderita kencing manis diantaranya adalah belimbing.

Caranya menjadikan buah belimbing sebagai obat diabetes yaitu , 3 belimbing wuluh diiris tipis-tipis dan bisa ditambahkan 1 buah mentimun yang diparut. Rebus belimbing wuluh dan parutan mentimun yang ditambah dengan 7 gram daun sambiloto serta 5 gelas air. Rebus bahan-bahan tersebut sampai tersisa 4 gelas saja. Dinginkan dan dapat disajikan 3 sampai 4 kali sehari.

3. Manfaat Buah Belimbing Untuk Sariawan
Bila terkena sariawan, panas dalam, tenggorokan sakit dan bibir pecah-pecah dan sudah meminum obat pereda tapi tidak kunjung sembuh, sebaiknya konsumsi belimbing manis dengan cara dibuat jus dengan jumlah yang cukup.

Selain buahnya, untuk jenis belimbing wuluh ini bunganya dapat dipakai untuk menyembuhkan panas dalam. Rebus 3 gelas air ditambah 10 bunga belimbing wuluh, gula aren dan asam jawa sampai tersisa 3/4 gelas, saring lalu dapat diminum 2 kali sehari.

Belimbing wuluh yang diremas dan diberi air garam dapat diminum 2 sampai 3 kali sehari, sedangkan untuk jenis belimbing manis dapat menggunakan bunga yang mengandung antipiretik dan ekspektoran.

Belimbing memiliki kandungan asam pantotenat pada belimbing dan kandungan akan seratnya yang mampu mencegah penyerapan lemak didalam tubuh, buah ini dapat dijadikan obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan mengkonsumsi belimbing manis sebanyak 1 sampai 2 buah dalam sehari .
Previous
Next Post »