11 Ciri-Ciri Penyakit Tipes Secara Umum

Ciri-ciri penyakit tipes penting dikenal sejak awal meskipun tipes sering dialami tanpa menimbulkan tanda gejala yang jelas.   Pada kesempatan kali ini saya ingin mejelaskan tentang tanda-tanda penyakit tipes yang umum bagi pendeita penyakit tipes.

Penyakit Tipes
Penyakit Tipes adalah salah satu penyakit yang umumnya di derita anak-anak di atas satu tahun, tetapi penyakit tipes juga sering dialami oleh umuran dewasa .
Ciri-Ciri Penyakit Tipes Secara Umum

Penyakit tipes itu disebabkan oleh bakteri yang disebut dengann salmonella thypi . Adapun Penyebab yang sering dialami anak-anak adalah makan tanpa mencuci tangan, memasak sayuran tetapi tidak di cuci terlebih dahulu, minum air mentah yaitu merupakan beberapa kegiatan ini dapat memudahkan bakteri salmonella thypi masuk ke dalam tubuh si penderitan yang sehingga menyebabkan penyakit tipes.

Aadpun ciri umum penyakit tipes ini bisa anda lihat dibawah ini :
  1. Hilangnya nafsu makan
  2. Demam yang disertai panas
  3. Sering mengigau
  4. Sakit kepala yang tak hilang-hilang
  5. Mual dan juga muntah
  6. Otot terasa nyeri
  7. Buang air besar tidak teratur, sembelit dan diare.
  8. Sakit kepala yang hebat, menggigil dan keluar keringat dingin.
  9. Mual, muntah-muntah, dan perut terasa sakit.
  10. Batuk dan perdangan pada cabang tenggorokan.
  11. Timbul beberapa bercak kecil berwarna merah dadu di daerah dada dan perut.
Selai diatas . Gangguan pada alat-alat lain didalam tubuh seperti radang hati, radang tulang, radang persendian, serta gangguan kejiwaan ini juga merupakan ciri tipes . Paling berbahaya jika terjadi kebocoran usus atau luka yang sebelumnya didahului pengeluaran darah dari lubang pelepasan. Kalau terjadi kebocoran usus maka harus dilakukan tindakan opras atau pengobatan yang lebih serius lagi .

Bagi penderita tipes sebiknya haruslah dirawat dengan baik agar panas yang tinggi dapat turun dengan cepat. Nah untuk pertolongan pertama menurunkan panas yaitu kompers dingin (memakai es).

Lakukan pemberian makanan yang mengandung banyak cairan dan bergizi misalkan : sop, sari buah, dan memperbanyak asupan cairan untuk mencegah dehidrasi pada sipenderita tipes . Jika panasnya masih tinggi berikanlah obat antibiotik atau tumbuh-tumbuhan obat yang mempunyai efek antipiretik agar panasnya segera menurun .
Previous
Next Post »