Macam-macam Penyakit Pada Perut

Macam-macam Penyakit Pada Perut . Perrut adalah sumber penyakit , banyaknya jenis penyakit yang diderita tergantung banyaknya hal yang diluar batas normal dilakukan terhadap perut . Misalnya maag karena tidak teratur makan . Dan menceret karena banyak makan yang pedas semua ini adalah kelakuan tidak normal . 
Dalam pembahasan ini kita akan mengenali beberapa macam penyakit perut yang sering menyerang :
Macam-macam Penyakit Pada Perut

Maag (Gastritis)
Sakit perut yang satu ini, diakibatkan karena kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung. Dalam kondisi normal, asam dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun apabila terjadi kelebihan produksi asam di lambung dapat menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung dan muncullah penyakit ini. Beberapa gejala penderita sakit maag adalah kondisi tidak nyaman pada perut seperti mual, muntah, perut kembung, sendawa, atau merasa terbakar di bagian ulu hati. Sakit maag bersifat akut dan kronis. dapat muncul secara mendadak dan dalam waktu relatif lama.

Penyebab Kelebihan produksi asam lambung atau berarti penyebab maag diantaranya biasanya karena pola makan yang tidak sehat atau tidak teratur, terlalu pedas dan berminyak, merokok, konsumsi minuman kopi/alcohol dan stress berlebihan.

Usus Buntu
Usus buntu adalah berupa sebuah kantong kecil seperti jari yang melekat di usus besar. Sedangkan penyakit yang dinamakan usus buntu, yaitu kondisi saat terjadi peradangan pada daerah itu. Gejala yang dirasakan adalah rasa tidak nyaman dan sakit di sekitar pusar dan menjalar hingga ke perut bagian kanan (bawah).

Acid Reflux
Acid Reflux dapat disebut juga, penyakit asam lambung, yaitu kondisi dimana zat asam yang berada di lambung mengalir kembali ke kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan diantaranya rasa sakit atau panas seperti terbakar di bagian bawah tulang dada, dan kondisi akan semakin memburuk saat penderita selesai makan atau saat berbaring.

Batu Empedu
Penyakit batu empedu, ditandai dengan adanya gumpalan di dalam kantung empedu. Kantung empedu adalah kantung yang menghubungkan hati dengan usus kecil. Batu atau gumpalan itu disebabkan oleh kolesterol yang mengeras dan cairan empedu yang menggumpal akibat konsumsi makanan tinggi lemak. Perlu diwaspadai, penyakit ini lebih sering menyerang perempuan, namun bukan berarti bebas bagi para lelaki.
Previous
Next Post »