5 Cara Hindari dan Atasi Insomnia Secara Mudah

Imsomnia - Sulit tidur sangat mengganggu bagi kesehatan dan termasuk pola hidup yang akan merugikan jika tidak ditangani sejak dengan cepat .

Insomnia sendiri adalah kelainan dalam kesulitan untuk tidur yang biasanya diikuti dengan gangguan fungsional setelah terbangun. Gangguan insomnia juga dapat disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya masalah secara psikologis.

Untuk menghindari hal tersebut, perlu ada tindakan agar penderita tidak ketergantungan terhadap obat tidur. Karena masih ada beberapa cara menagatasi imsomnia secra alami untuk mengurangi gejala dan penyakit insomnia tersebut.

Sebelum anda mengetahui cara mengatasi penyakit insomnia, anda sendiri perlu mengetahui beberapa hal yang mempengaruhi insomnia yang demikian :
  1. Sering menahan rasa kantuk yang berulang-ulang, sehingga menjadi suatu kebiasaan
  2. Merasa tidak nyaman dengan kondisi lingkungan di sekitarnya.
  3. Adanya kelainan emosional
  4. Adanya kelainan fisik
  5. Pemakaian terhadap obat-obatan

Tips Mudah Mengatasi Insomnia

Selain cara dibawah ini anda juga diwajibkan menghindati penyebab imsomnia diatas . Sebab jika tidak anda hindari maka sama halnya menyembuhkan tapi kemudian mendatangkan penyakit baru .
Adapun cara mengatasi imsomnia yang baik anda lakukan anda adalah seperti diabwah ini :

1. Jangan konsumsi Kafein
Seperti yang kita ketahui bahwa kandungan kafein dapat menyebabkan anda terjaga di malam hari. Kandungan kafein tidak hanya terdapat pada kopi dan teh saja, namun terkandung juga pada cokelat. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi kafein di sore atau malam hari.

2.Hindari Olahraga Berat Sebelum Tidur
Melakukan olahraga berat sebelum tidur justru bukan anda membuat lelah lalu tertidur, justru terbalik dan akan membuat anda lebih fit dan terjaga sepanjang malam

 3. Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin
Kamar yang nyaman dan bersih dapat membantu anda untuk tidur dengan nyaman pula. Untuk itu buatlah kamar anda senyaman dan sebersih mungkin, serta hindari barang-barang yang tidak diperlukan diatas tempat tidur agar anda tidak terganggu.

4. Hindari Cahaya Televisi, Komputer dan Gadget
Cahaya televisi, komputer maupun gadget akan membuat mata anda terjaga. Sebelum tidur, usahakan untuk tidak menonton televoso, tidak menyalakan komputer atau gadget, agar anda dapat cepat tertidur.

5.Tidak Melakukan Aktivitas di Atas Tempat Tidur
5 Cara Hindari dan Atasi Insomnia Secara MudahTempat tidur merupakan tempat untuk beristirahat, maka usahakan untuk tidak melakukan pekerjaan lainnya diatas tempat tidur, seperti menonton atau bahkan menyelesaikan pekerjaan anda diatas tempat tidur. Sebab jika terbiasa dilakukan, hal tersebut akan mengontrol otak bawah sadar anda, sehingga mengganggu waktu istirahat anda.
Previous
Next Post »