Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid Wanita

Cara Atasi Nyeri Haid .Seorang perempuan akan selalau  melewati beberapa fase perkembangan fisiologis tubuh, salah satunya adalah masa haid atau menstruasi. Pada stat haid seringkali merasakan nyeri saat . Dalam dunia medis, keadaan ini dikenal sebagai dismenorrhea.

Sebenarnya nyeri haid merupakan hal yang lumrah bagi wanita namun ,  hal tersebut dapat mengganggu aktivitas dan kehidupan sehari-hari, maka perlu mendapatkan perhatian.

Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Haid Wanita
Nyeri saat haid bisa dibedakan menjadi dua macam, yaitu nyeri primer dan nyeri sekunder.

1. Nyeri haid primer , adalah nyeri haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yang berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Biasanya nyeri ini terjadi 2 sampai 3 tahun setelah haid pertama dan mencapai puncaknya saat perempuan menginjak usia 15 sampai 25 tahun.

Rasa nyeri tersebut akan menurun intensitasnya seiring dengan pertambahan usia dan menghilang saat perempuan melahirkan. Biasanya nyeri akan terasa 24 jam sebelum haid dan berakhir 24 sampai 36 jam setelah haid berhenti.

Gejala-gejala yang dapat menyertai antara lain mual, muntah, sakit kepala, cemas, gelisah, diare, pingsan, dan perut kembung.

2. Nyeri Sekunder , Jika nyeri saat haid muncul saat berumur lebih dari 20 tahun.
Nyeri haid sekunder adalah nyeri haid yang memiliki dengan kelainan yang berasal dari panggul dan organ di Biasanya nyeri haid sekunder terjadi dua hari atau lebih sebelum haid dimulai dan rasa nyeri akan semakin hebat saat haid, lalu menghilang 2 hari atau lebih setelah haid berhenti.

Beberapa kelainan yang dapat menyebabkan nyeri haid sekunder antara lain :
1. Endometriosis
2. Msterssindroma Allen
3. Sindroma Kongesti Pelvis
4. Kista Ovarii Dan Tumor
5. Penyakit Infeksi Panggul
6. Adenomyosis
7. Moster
8. Myoma Uteri
9. Sindroma Asherman
10. Polip Uteri
11. Kelainan Kongenital
12. Alat Kontrasepsi Intra Uterin
13. Stenosis Dan Sumbatan Vagina


Mengatasi Nyeri Haid
Adapun upaya mengatasi rasa nyeri yang berlebihan saat mengalami haid, ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal. Tapi anda juga bisa melakukan trapi mengobati rasa nyeri saat haid seperti dibawah ini ;


Lakukan Pijatan Lembut Perut Bagian Bawah
Pijatlah perut bagian bawah kamu secara ringan dan lembut. Hal ini dapat meredakan rasa nyeri yang kamu alami, kemudian usap-usap mengunakan telapak tangan secara perlahan dibagian bawah perut kamu.

Mengkonsumsi Minuman Hangat
Mengkonsumsi minuman hangat cukup ampuh dan sudah banyak yang mencobanya. Kamu bisa mencoba untuk meminum minuman hangat atau makanan hangat seperti jahe hangat atau sup hangat.

Kompres Perut
Mengatasi rasa nyeri saat haid juga bisa dilakukan dengan mengkompres perut kamu dengan air hangat menggunakan handuk dan biarkan beberapa saat.


Tiduran Atau Berbaring santai
Hal ini juga bisa kamu coba, tidur-tiduranlah dan cari posisi tidur kamu senyaman mungkin dan tariklah nafas secara perlahan kemudian hembuskan secara perlahan juga.

Olahraga Ringan
Biasanya saat haid badan kita menjadi terasa pegal-pegal. Nah oleh sebab itu jangan malah malas untuk berolahraga, justru dengan sedikit olahraga ringan rasa pegal-pegal itu bisa hilang.

Jauhi Minuman yang sembarangan
Hindarilah minuman yang dingin serta berakohol kemudian gantilah dengan minuman hangat atau panas untuk mengurangi rasa nyeri.
Previous
Next Post »