Behel Gigi : Manfaat Dan Bahayah Menggunakan Behel Gigi

Behel Gigi . Kawat gigi atau behel ( dental braces) adalah salah satu alat yang digunakan untuk meratakan gigi. Menurut jenisnya, bracket (bagian yang menempel) pada kawat gigi untuk tujuan estetis atau kosmetik ada yang bisa dilihat dan tidak bisa dilihat. Ada yang bersifat permanen artinya tidak dapat dilepas dan dipasang, lalu ada juga yang bersifat bisa dilepas dan dipasang.
Bahayah Menggunakan Behel Gigi

Belakangan ini banyak orang memanfaatkan behel gigi untuk gaya dan tren. Tanpa menelusuri apa bahanya serta apa manfaat dan kegunaan sebenarnya dari behel itu sendiri . Bahkan di korea orang yang menggunakan behel akan lajang selamanya dan akan jauh dengan namanya pacaran. Karena mereka beranggapan bahwa yang berkawat gigi nampak lebih cupu, udik, dan membosankan .

Manfaat Menggunakan Behel Gigi
Kegunaan utama memasang behel gigi adalah untuk merapikan letak dan susunan gigi. Maka dengan menggunakan behel dapat memperbaiki penampilan gigi, proses makan, dan berbicara. Pemasangan kawat gigi sebaiknya dilakukan oleh ahlinya, yaitu dokter gigi spesialis ortodontis.

Bahayah Menggunakan Behel Gigi
Sedangkan bahaya dari menggunakan behel adalah dapat merusak gigi, karena kawat yang berada di gigi lama kelamaan akan membuat gigi menjadi goyang dan tidak bisa di atasi lagi.

Perlu diketahui bahwa gigi berhubungan langsung dengan syaraf penting. Jika hal demikian kurangnya perhatian maka akan timbul gangguan bicara, pusing berkepanjangan, dan penegangan otot leher.


Lalu bagi anda yang sudah terlanjur pakai kawat gigi ! bagaimana perawatannya saat pakai bahel ? disini kami berikan tips merawat gigi pakai bahel .

Cara Merawat gigi memakai behel

1. Sikat gigi minimal 2x sehari, terutama stelah makan pagi dan sebelum tidur. Bisa sampe 3x.
2. Sikat gigi pake 3 sikat yg berbeda:
  • sikat gigi biasa yg lembut untuk bagian permukaan atas bawah dan dalam gigi,
  • sikat gigi ortodonsi (contoh: oral B ortho) untuk permukaan yg dipasangi kawat gigi,
  • sikat gigi interdental untuk sela sela braket (sela antara 2 gigi, di belakang kawat)
  • Pakailah pasta gigi yg gak mengandung detergen (sodium laureth sulfat), contohnya sensodyne, enzyme
Baca juga : Obat sakit gigi
Untuk kebersihan maksimal bisa pake mouthwash yg non alkohol. Tapi cukup sekali sehari ya, ntar mulutnya kering lho klo sering.
3. Usahakan makan yg lembut, potong kecil2 dulu sebelum dimakan. Jangan digigit langsung.
4. Usahakan hindari makanan keras kayak apel utuh, keripik, ayam goreng tepung, jagung yg ada tongkolnya, batu es
5. Kurangi minuman bersoda dan asam2 kayak es jeruk.
6. Kontrol ke drg 1 bulan sekali. maksimal tiap 6 bulan.
Previous
Next Post »