Gejala Penyakit Lupus Dan Cara Menghindarinya

Penyakit Lupus - Pada umumnya orang belum banyak yang tahu teantang penyakit lupus .Namun sebenarnya penyakit ini merupakan cukup  penyakit berbahaya setara denga kanker atau jantung. Penyakit lupus menyerang pembuluh dan jaringan ikat darah sehingga menimbulkan dampak luas bagi tubuh.Penyakit lupus bisa menyerang siapa saja, oleh karenanya perlu mengetahui beberapa gejala awal penyakit ini agar bisa melakukan pencegahan dini.

Gejala penyakit lupus
Gejala mula di penyakit ini umumnya  dengan muncul ruam kemerahan pada kulit terutama pada bagian wajah. Penderita penyakit lupus akan mengalami perubahan wajah yang buruk dan menyeramkan seperti serigala.
Gejala penyakit lupus


Secara garis besar penyakit lupus dibagi menjadi dua golongan yaitu lupus eritematosus discoid, dan lupus eritematosus sitemik. Penyakit ini termasuk pada penyakit imun atau reaksi yang menyerang jaringan ikat kulit. Beberapa faktor yang bisa memicu timbulnya penyakit lupus seperti trauma fisik, faktor lingkungan yang buruk, inveksi virus, faktor hormon, strees dan genetic.

Terjadinya kelainan pada kulit dan selaput lendir, organ dalam, otot, dan sendi. Penyakit ini juga bisa ditandai dengan gejala konstitusi seperti demam, berat badan menurun, lelah, dan kehilangan semangat beraktivitas. Muncul bercak merah yang simetris pada wajah, berbatas jelas, kulit menipis dan kasar dan meninggalkan bekas cacat pada kulit.

Penyakit Lupus juga bisa menyerang kulit kepala sehingga bisa menimbulkan kebotakan karena rusaknya akar rambut. Gejala lain bisa Nampak pada hidung, yaitu jaringan parut akan menyebabkan hidung tertarik sehingga bentuk hidung akan meyerupai paruh burung kaka tua. Kelainan lain dapat ditemui pada perubahan bentuk mulut dan telinga.

Setelah tahu gejala penyakit lupus maka ada eberapa hal yang harus anda lakukan sebagai cara menghindari penyakit lupus tersebut :

  1. Hindari bakteri jahat dan radikal bebas.
  2. Hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena bisa membuat penyakit ini semakin parah.
  3. Kurangi asupan lemak agar penyerapan kalsium berjalan dengan baik.
  4. Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan kaya akan nutrisi.
  5. Minum minimal 8 gelas perhari.
  6. Hindari kelebihan berat badan.

Sebagaimana dijelaskan diatas bahawa penyakit lupus dapat menyerang siapa saja, jadi anda harus berhati-hati terhadap penyakit lupus ini. Namun Jika terlanjur terdeteksi jangan panik terapakan beberapa saran di atas dan segera pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut sebab terkadang dugaan penyakit berbahaya padahal kalau dibawa kepada ahlinya sembuh juga .
Previous
Next Post »