Gejala Penyakit Batu Ginjal

Apa itu Ginja ?
Ginjal ialah merupakan satu bagian anggota tubuh yang paling penting keberadaannya. Ginjal memiliki tugas penting dalam tubuh sebagai tempat menyimpan urine yang nantinya akan disalukan ke kandung kemih dan kemudian dikeluarkan dalam bentuk air seni. Bila ada kerusakan pada fungsi ginjal, maka tubuh akan mengalami rasa sakit dan perih dibagian ginjal.

Ginjal juga bisa mengalami peradangan dan peubahan yang disebabkan oleh tingkah laku, gaya hidup dan pola makan yang buruk yang dilakukan oleh manusia. Kebanyakan diantara kita bahkan tidak memikirkan hal ini. Karena akibatnya memang tidak telalu dirasakan secara langsung.

Ini secara rinci fungsi ginjal :
  1. Mengendalikan tekanan darah.
  2. Memproses vitamin D untuk distimulasi oleh tulang.
  3. Mengatur keseimbangan pH darah.
  4. Memproduksi sel darah merah dalam tulang.
  5. Menjaga kebesihan darah dan sebagai penyaring seluruh caian yang terkandung dalam tubuh misalnya air dan garam.
  6. Pembuang racun dari segala macam sumber makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sumber makanan tersebut akan tercampur dalam darah yang nantinya akan menjadi racun jika dikeluarkan. Racun tersebut mengandung urea dan uric acid yang apabila berlebihan, maka akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh.


Melihat pentingnya perananan ginjal dalam tubuh, maka kita bisa bayangkan apa akibatnya jika ginjal mengalami gangguan. Salah satu penyakit yang terjadi adalah batu ginjal.

Batu ginjal ini terbentuk dari mineral dan asam garam. Pada dasarnya batu ginjal dapat terbentuk ketika urin berkonsentrasi, kemudian terjadi pengkristalan atau penggumpalan mineral. Batu ginjal biasanya tidak menyebabkan kerusakan yang permanen namun tetap harus diwaspadai.

Gejala batu gunjal atau ciri umum batu ginjal adalah sebagai berkut ini :
  1. Nyeri pada salah sattu sisi tubuh dan punggung (dibawah pinggul)
  2. Mual dan muntah
  3. Sering buang ai kecil
  4. Demam dan menggigil
  5. Nyeri pada saat buang air kecil
  6. Air seni berwarna kemerahan, coklat atau merah muda
  7. Nyeri di bagian bawah tubuh dan pangkal paha
Jika anda mengalami gejala diatas maka perbanyaklah minum air dan juga mengkonsumsi obat pereda .
Previous
Next Post »