Cara Menghilangkan Efek Samping Antibiotik

Di zaman modern ini kita dikenalkan dengan obat modern pula yang disebut dengan anti biotik . Antibiotik merukan salah satu jenis obat yang sekarang ini paling umum digunakan untuk penyembuhan suatu penyakit. Dari tahun ketahun penggunaan anti biotik semakin meningkan dan terus meningkat , padah dalam penggunaan antibiotik juga perludikontrol dan dibatasi .

Cara Menghilangkan Efek Samping Antibiotik

Masyarakat sering menggunakan antibiotik ini dengan kontrol yang tidak benar. Hal ini tentu sangat membahayakan, karena selain menyembuhkan, bila penggunaannya tidak tepat, akan timbul efek yang justru merugikan kesehatan. Efek samping antibiotik ini ada yang berat, dan ada yang ringan. Keduanya bila tidak segera ditangani bisa menimbulkan akibat yang fatal.

Apa Efek Samping Penggunaan Antibiotik ?

Bila pemakaian Antibiotik  tidak benar, maka bukan kesembuhan yang akan didapat, namun akan memunculkan beberapa gangguan yang justru bisa menimbulkan masalah baru bagi kesehatan sipengguna . Efek samping antibiotik yang merugikan tersebut antara lain adalah :

1. Memunculkan kekebalan

Dalam tubuh kita terdapat kuman atau bakteri yang sebenarnya punya manfaat bagi kesehatan kita. Ketika kita menggunakan antibiotik, kuman dan bakteri ini punya sistem kekebalan baru. Selanjutnya sistem kekebalan ini akan menular pada kuman dan bakteri yang merugikan atau bisa menimbulkan penyakit lain.

Akibatnya adalah, obat yang kita minum untuk menghilangkan penyakit, tidak mampu melawan kekebalan dari kuman atau bakteri serta virus yang menimbulkan penyakit tersebut, sehingga kesehatan menjadi lebih sulit untuk didapat.

2. Menimbulkan efek alergi

Jika penggunaan dosisnya tidak tepat, efek samping antibiotik yang sering muncul adalah alergi pusing, gatal, perut mual dan lain-lain. Untuk itu seorang dokter yang peduli pasti akan bertanya pada pasiennya apakah dia punya alergi atau tidak sebelum memberi resep obat.

3. Gangguan kesehatan jantung

Bila antibiotik digunakan secara sembarangan dan melebihi dosis yang telah ditetapkan, maka akan menyebabkan detak jantung menjadi tidak normal. Bahkan bisa menimbulkan penyakit lain diantaranya ginjal, gampang kesemutan serta gangguan syaraf.

Jika , Antibiotik berbahaya lalu bagaimana cara untuk mengatasi efek samping tersebut agar tidak terlalu berbahaya untuk badan sipengguna .? 

Menghilangkan Efek Samping Antibiotik

Meski ada efek samping antibiotik yang merugikan, namun antibiotik tetap diperlukan untuk menunjang kesembuhan serta kesehatan tubuh kita. Jadi yang dapat kita lakukan adalah meminimalkan efek samping antibiotik tersebut, bahkan kalau bisa menghilangkannya. Adapun cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah :
1. Konsumsi antibiotik sesuai dengan petunjuk dari dokter. Baik itu dosis maupun lama penggunaannya.
2. Bila dokter tidak bertanya, ambilah inisiatif untuk menceritakan riwayat kesehatan kita. Misalnya alergi, gangguan jantung dan sebagainya. Ini untuk menghindari pemakaian suatu jenis antibiotik yang akan merugikan kesehatan.
3. Bila tidak tahu dan memahami secara benar, jangan sekali-kali menggunakan antibiotik secara sembarangan. Akan menimbulkan akibat yang sangat fatal.
4. Dalam satu resep dari dokter, gunakanlah hanya untuk satu orang saja. Meski ada orang lain yang punya kasus kesehatan sama, tetap harus berkunjung ke dokter. Meski jenis penyakit yang diderita tidak berbeda, namun setiap orang pasti punya kondisi stamina yang juga tidak sama. Demikian pula dengan stadium penyakit yang dideritanya.
5. Bila merasa ada sesuatu yang mencurigakan pada resep yang diberikan dokter, silahkan bertanya langsung. Kita punya hak untuk melakukan itu. Karena bagaimanapun juga dokter juga seorang manusia biasa yang kadangkala bisa membuat kesalahan.

Cadangan Obat Antibiotik
Untuk mencegah penggunaan obat antibiotik yang berlebihan, dibutuhkan penyuluhan kepada masyarakat dengan berbagai saran. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan mengenai pentingnya menjaga kesehatan dengan berbagai cara tradisional sehingga masyarakat tidak kecanduan terhadap obat-obat kimia.

Penggunaan obat-obat tradisional sangat penting untuk dilakukan agar selain bisa menyehatkan dan menstabilkan kondisi tubuh secara maksimal dan tanpa efek samping, harga yang diperlukan untuk membuat obat tradisional pun jauh lebih mudah dibandingkan dengan obat-obat kimia yang biasa ditebus di apotik.

Hal tersebut juga memungkinkan untuk pihak rumah sakit dan kedokteran tidak lagi mempergunakan penyakit sebagai alasan komersil agar para pasien membeli obat-obat yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan oleh pasien. Misalnya saja, obat antibiotik yang harus selalu habis dimakan dalam satu kali perawatan dengan harga yang cukup mahal akan menghabiskan biaya untuk pengobatan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Pemilihan alternatif obat-obat tradisional sepertinya memang dibutuhkan di zaman sekarang ini. Selain untuk membuat masyarakat tidak terlalu bergantung pada bidang spesialis dokter, mereka juga bisa menghemat biaya pengobatan dengan membuat obat atau ramuan tradisional sendiri.
Demikianlah seputar antibiotik , bahayanya dan cera pencegahan bahaya dari antibiotik tersebut .
Previous
Next Post »