Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Jambu Air - Jambu air adalah Salah satu buah yang banyak dijumpai di pekarangan masyarakat, terutama di Indonesia. Tanaman yang satu ini memang cukup mudah tumbuh . jambu air atau Jambu biji sendiri merupakan anggota dari kerabat Myrtaceae dan dikabarkan berasal dari Asia Tenggara. Sama seperti namanya, jambu air ini memang memiliki kandungan air yang melimpah di setiap buahnya. Anda pasti sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah ini berasal dari Asia tenggara, dan mempunyai banyak jenis. Warnanya pun beragam, ada yang warna putih, merah muda, merah tua dan hijau. 

Manfaat Buah Jambu Air Untuk Kesehatan Tubuh
Pada umumnya jambu air dimakan segar dan bisa dijadikan salah satu bahan rujak. Buah ini juga bisa dibuat untuk sirup atau asinan. Selain berbagai cara penyajian untuk dikonsumsi . Disamping segar dan enak dimakan ternyata manfaat buah jambu air sangat banyak karena kaya akan kandungan gizi yang terdapat di dalam .

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Jambu Air
  • Terdapat kandungan Air
Air  penting bagi tubuh kita . jika Kekurangan air bisa mengganggu kerja ginjal sehingga kotoran tubuh tidak bisa keluar dengan lancar. Akibatnya membentuk batu ginjal.
Manfaat buah jambu air bisa memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Itu karena kandungan airnya bisa mencapai 93 gram per 100 gram. Setelah mengkonsumsi buah ini tubuh Anda akan menjadi segar karena kandungan airnya juga bersifat mendinginkan pula .
  • Sumber Vitamin A
Di dalam jambu air terdapat vitamin A cukup tinggi. Vitamin A ini sangat dibutuhkan untuk tubuh kita . Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A juga bisa untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mendongkrak fungsi sel darah putih sebagai antibodi dan antivirus.
  • Sumber Vitamin C
Dalam 100 gram jambu air terdapat vitamin C yang hampir setara dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah.
Vitamin C ini bermanfaat sekali untuk kecantikan kulit, disamping sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan meningkatkan penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas yang merusak pembungkus sperma.
Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler serta kesehatan gigi dan gusi juga bisa mencegah sariawan.

Kandungan gizi buah jambu bukan itu saja , Jambu air juga  mengandung serat pangan yang cukup tinggi. Buah ini juga merupakan sumber mineral besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga ,mangan, protein, asam sitrat dan asam sulfuric. 

Kekurangan Jambu air
Di samping manfaat buah jambu air yang melimpah , buah ini juga memiliki kekurangan. Antara lain mudah busuk dan tidak tahan lama. Karena itu lebih baik mengkonsumsinya setelah di petik dari pohonnya. Kalau pun beli di pasar hendaknya teliti dengan memperhatikan kulit yang mulus dan lembab tetapi tidak lembek. Permasalahan lain, jambu air banyak ulat pada daging buahnya oleh karena itu belah dulu buahnya dan teliti ada atau tidak ulat di dalam buah jambu seblum di makan .
Previous
Next Post »