Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Di daerah saya disebut julukan kota salak sebab mata pencaharian orang di sana adalah berkebut salak  . Di kota Sidimpuan alias kota salak tersebut yang paling terkenal adalah salak si Bakkua rasanya memang top dibanding salah lainnya .

Mengenal Salak
Warna salak dibagian kulit luarnya adalah coklat , memiliki sisik seperti ular, dan terdapat duri-duri kecil di sela-selanya dan di daging salak ada yang berwarna putih ada pula yang berwarna merah .
Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Orang barat seperti Amerika orang menyebutnya snake fruit. Buah ini memang memiliki sisik yang menyerupai kulit ular. Tetapi sifat buah ini tidaklah seperti ular, bahkan manfaat buah salak sangat baik untuk kesehatan kita. Memang buah salak bisa membuat kita susah buang air besar .


Salah satu manfaat buah salak adalah bisa dijadikan sebagai obat mencret .  Caranya cukup dengan mengonsumsi 20 gram daging buah salak yang masih muda.

Lalu apakah manfaat buah salak hanya sebatas obat mencret ? Tentu saja masih ada manfaat buah salak sebagai obat penyakit  serius lainnya .  Dibawah ini kami akan memberikan manfaat-manfaat buah salakuntuk obat berbagai penyakit .

1. Manfaat Buah Salak - Obat Mata
Salah satu manfaat buah salak adalah sebagai obat mata sakit . Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk mata. Kandungan betakaroten dalam 100 gram buah salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali semangka merah. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata tetapi bosan jika harus mengkonsumsi jus wortel terus menerus, sekarang Anda punya alternatif lain, yaitu mengganti jus wortel dengan jus salak.

2. Manfaat Buah Salak - Obat Diare
Bila kamu terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak lebih kurang dua puluh gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga bisa dijumpai hampir di merata tempat.

3. Khasiat Daun Salak - Obat Ambeien
Manfaat salak selanjutnya adalah obat ambeien.Disini berbeda dengan yang diatas jika 2 diatas adalah bahan dasarnya buah salak tersbut maka ini yang digunakannya adalah daun salak . Daun salak sangat berkhasiat menghilangkan penyakit ambeien yang belum parah. Caranya, 3 helai daun salak direbus dengan segelas air, kemudian air rebusan tersebut disaring dan diminum dengan gula merah. Minumlah dua kali sehari, pagi dan malam hari. Lakukan secara rutin, Insya Allah dalam waktu 15 hari penyakit tersebut akan hilang dan tidak akan kambuh lagi.
Previous
Next Post »