Cara Mencegah Bayi Cacingan - Tips Mengatasi Cacingan Pada Anak bayi

Cara Mencegah Cacingan pada Anak Bayi - Cacingan pada bayi tidak boleh disepelekan begitu saja , sebab cacingan bisa menghambat pertumbuhan si bayi dan terlihat kurus dan kurang sehat.

Adapun yang menjadi Ciri-ciri bayi cacingan adalah Si bayi terlihat lebih kurus dan perut membuncit. Perlu cara yang tepat untuk mengatasi hal ini, jika tidak penyakit ini akan menghambat tumbuh kembang sang bayi sehingga tidak bisa berkembang secara baik . Selain mempengaruhi tumbuh kembang fisik dan kesehatan, ternyata juga mempengaruhi kecerdasan mental sang bayi. Hal ini disebabkan oleh nutrisi yang masuk ketubuh bayi tidak dapat diserap secara maksimal karena dimakan oleh cacing yang tinggal dan menjadi parasit di tubuh bayi itu sendiri .
Tips Mengatasi Cacingan Pada Anak bayi

Untuk mencegah bayi cacingan bisa mulai dari faktor sederhana yaitu lingkungan, orang tua dan bayi. Berikut beberapa hal yang harus dijaga :

1. Memperhatikan Tempat tinggal bayi.
Lingkungan memiliki faktor yang besar terhadap cacingan, untuk itu lakukanlah hal-hal yang berguna untuk kesehatan bayi seperti : menjaga sumber air yang ada di sekitar rumah, jaga kebersihan kebun dan buang kotoran hewan maupun manusia yang ada di sekitar pekarangan. Selain itu semua warga harus membudayakan untuk mencintai lingkungan yang bersih dan sehat.

2. Kebersihan Orang tua .
Kebersihan dan pola hidup orang tua juga sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan sang bayi cacingan. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya selalu berusaha untuk hidup dengan kebersihan seperti : mencuci hingga bersih semua bahan masakan yang akan dimakan, mencuci peralatan bayi yang telah digunakan maupun akan digunakan, cuci tangan sebelum melakukan aktivitas memasak di dapur, memotong kuku secara berkala dan hindari memberikan bayi dengan denga daging yang diragukan kematangannya.

3 . Menjaga Kebersihan Bayi
Selain faktor lingkungan dan orang tua, faktor bayi juga bisa menyebabkan cacing masuk dengan mudah ke dalam tubuh bayi. Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa melakukan hal-hal seperti : mandikan bayi 2x sehari, gunakan antiseptik pada bak mandi bayi (tentu yang sesuai dengan bayi), potong kuku tangan dan kaki bayi, selalu pakaikan alas kaki pada kaki jika keluar dari rumah, gunakan baju yang telah dicuci bersih, segera ganti baju bila baju yang digunakan bayi terlihat kotor, larang bayi Anda bermain di tanah karena tanah tersebut kemungkinan besar telah terkontaminasi dengan kotoran hewan maupun manusia, lakukan kebiasaan mencuci tangan bayi sebelum memegang makanan, seterusnya berilah obat cacing pada bayi secara rutin untuk mencegah bayi cacingan, dan biasakan bayi untuk buang air di kamar mandi .

Itulah 3 hal yang penting dijaga untuk mencegah sekaligus mengatasi cacingan pada bayi .
Previous
Next Post »