Cikungunya : Gejala , Pengobatan Dan , Pencegahan Virus Chikungunya

Cikungunya - Penyakit ini ialah sebuah penyakit yang disebabkan oleh Virus Chikungunya (CHIKV). Virus Chikungunyah termasuk dalam keluarga Genus alphavirus, Togaviridae dan ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti (Nyamuk yang sering penyebab menularkan Demam Berdarah).

Gejala UtamaChikungunya
Gejala utama dari ini yang paling sering dialami oleh tubuh sipenderita adalah terasa demam diikuti rasa linu di persendian, pegal-pegal, ngilu, dan timbul rasa sakit pada tulang-tulang secara mendadak.

Gejala Penyakit Ckingunyah ada kemiripan dengan Gejala Flu Tulang. Namun beberapa kasus ada juga penderita tanpa menimbulkan gejala sama sekali.
Cikungunya : Gejala ,  Pengobatan Dan , Pencegahan Virus Chikungunya

Gejala menyakitkan Chikungunya tersebut sebenarnya tidak akan menyebabkan kelumpuhan. Rasa sakit dan demam Chikungunya berangsur-angsur akan berkurang, dan kembali normal seperti semula. Namun untuk penderita yang mempunyai riwayat sering nyeri tulang dan otot, gejala ini masih terasa sampai seminggu setelah mendrita penyakit chikungunyah atau bahkan sebulan setelah itu .

Diagnosa dan Pengobatan Chikungunya

Adapun Diagnosis penyakit Chikungunya bisa dilakukan dengan beberapa uji serologik antara lain uji hambatan aglutinasi (HI), serum netralisasi, dan IgM capture ELISA. Namun pemeriksaan ini hanya digunakan untuk kepentingan epidemiologis dan penelitian, tidak bermanfaat untuk kepentingan pengobatan.

Pengobatan Virus Chikungunya  yang dilakukan biasanya hanya bertujuan menghilangkan rasa sakit dan demam karenan pengobatan sebenarnya tidak perlu dilakukan karena akan sembuh dengan sendirinya. . Namun penderita Chikungunya sebaiknya menghindari penggunaan obat sejenis asetosal.

Pengobatan Chikungunya secara Alami

Meski pemberian obat dan pengobatan tidak perlu dilakukan namun untuk proses penyembuhan Penderita Virus Chikungunya lebih cepat, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, cukup karbohidrat dan terutama protein dan minum yang banyak. Selain itu disarankan juga memningkatkan mengkonsumsi buah-buahan segar atau minum jus buah segar, sehingga daya tahan tubuh kembali pulih.

Mencegah lebih baik dari pada mengobati adalah pernyataan yang sering kita dengar . dan memang kenyataannya seperti mencegah lebih utama dan bagus dari pada mengobati .

Pencegahan pertama adalah mengenal gaya hidup nyamuk penyebab cikungunyah . Perlu anda tahu Nyamuk Aedes Aegypti senang hidup dan berkembang biak di genangan air bersih seperti vas bunga, bak mandi, dan juga kaleng atau botol bekas yang menampung air bersih. Di saat pergantian musim seperti ini, nyamuk Aedes Aegypti akan berkembangbiak secara cepat. Maka dari itu lakukan pembersihan di sekitar lingkungan tempat tinggal dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan olahraga secara rutin.

Pencegahan individu dilakukan dengan penggunaan obat oles kulit (insect repellent) yang mengandung DEET atau zat aktif EPA. Gunakan pelindung darinyamuk seperti kelambu , tiga roda dan obat pengusir nyamuk lainnya agar terhindar dari serangan nyamuk berbahaya ini .
Previous
Next Post »