Cara Agar Tidak Grogi Berpidato - Tips Percaya Diri Berbicara di Muka Umum

Ngobrol ditelefon saya yakin anda jagoannya tapi belum tentu anda mempu berbica satu menit saja di depat orang banyak apa lagi jika berpidato di publik yang audientnya orang-orang intlek dan atas anda . Sebenarnya masalah berbica didepan publik kunci utama adalah enjoi anggap saja seperti ngobor biasa namun anda sebagai tukang dongengnya .
Canggung dan degdegan saat didepan massa itu hal yang wajar bagi kita yanga jarang berbicara di depan umun, terkadang kita merasa tidak percaya diri ketika akan berbicara di depan umum.
Nah bagi anda yang merasa kurang PD di depan umum maka silahkan aplikasikan cara-cara berikut ini :
Tips Percaya Diri Berbicara di Muka Umum


1. Bersikap Tenang
Saat berhadapan dengan hal apapa usahakan selalu bersikap tenang karena ketika sikap kita tenang, pikiran kita pun akan jernih sehingga akan dengan mudah untuk berpikir menyelesaikan permasalahan. Salah satu cara untuk menenagkan hati adalah atur nafas secara teratur ( tarik nafas sedalam-dalamnya lalu keluarkan berlahan ).

2. Kuasai Materi
Ini hal yang paling penting , Disaat ingin persentasi atau berpidato anda harus siapkan terlebih dahulu materi yang akan kita sampaikan.

Setelah kita menyiapkan materi yang akan disampaikan, setelah itu kita harus kuasai materi tersebut maksud kuasai adalah mengeti apa yang hendak disampaikan.

Sesudah kita mengerti serta menguasia materi yang kita berikan, saat kita bicara di depan umum pun akan lebih perca diri dan penyampaiaan materi pun tidak akan terbata-bata saat di podium .

3. Sering Berlatih
Selain penguasaan materi  latihan yang sering pun penting sekali , sebab segala sesuatu apabila ingin mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan latihanyang sering dan penghayatan .

5. Berdoa
Trik endingnya adalah berdoa , Berdoalah kepada Allah agar diberi kelancaran ketika berbicara di depan umum yaitu berdoa. Doa itu penting karena doa adalah sebagian usaha kita menyambungkan batin kepada sang khalik .
Tag :
Tips Percaya diri berpidato
Cara tidak canggung saat berbicara
Previous
Next Post »