Manfaat Buah Alpukat - Khasiat Buah Alpukat Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat- Alpukat dikenal berasala dari negara dari Meksiko dan pertama kali dibawa masuk ke Indonesia oleh bangsa Belanda ini telah menyebar sangat luas di Tanah Air. Bahkan banyak yang mengira jika buah alpukat adalah tumbuhan asli Indonesia yang tumbuh dari tanah air kita . Alpukat memiliki manfaat yang sepesial bagi tubuh kita sebab memilik serat yang baik .
Manfaat Buah Alpukat Tubuh Kita

Berikut ini sedikit penjelasan tentang manfaat buah alpukat tersebut :

1. Alpukat sebagi Sumber Lemak Baik

Buah alpukat memang merupakan sumber lemak . Setiap 100 gr daging buah alpukat mengandung sekitar 9 - 10 gr lemak, jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah-buahan lain. Mungkin ini alasan mengapa banyak orang menghindari buah ini. Namun sebenarnya anda tidak perlu merasa kuatir. Sebagian besar lemak yang terkandung dalam buah alpukat adalah jenis lemak tak jenuh tunggal.


2. Alpukat sebagai Sumber Serat
Selain sumber leama buah alpukat juga sumber serat yang baik. Setiap 100 gr daging buah alpukat mengandung sekitar 4 - 4,5 gr serat. Ini sama saja dengan 10% - 20% dari jumlah asupan serat harian yang disarankan untuk orang dewasa. Jumlah ini tentu dapat dikatakan luar biasa sebagai salah satu sumber serat bagi tubuh anda.

3. Alpukat sebagi Buah Hijau
Mengkonsumsi tanaman hijau sangat dianjurkan oleh para ahli nutrisi, maka setiap orang dewasa harus mengkonsumsi sekitar 4 - 6 porsi campuran aneka buah-buahan dan sayuran setiap harinya. Aneka warna yang terkandung dalam buah dan sayur menunjukkan perbedaan khasiat yang ada di dalamnya. Alpukat dimasukkan dalam buah-buahan hijau. Buah ini merupakan sumber yang baik akan vitamin C, B6, K, folat, dan kalium.

4. Kandungan Lain  pada Alpukat
Dengan kandungan senyawa lain selain vitamin, mineral, dan serat dalam buah-buahan dan sayuran adajuga kandungan yang senyawa dengan fitonutrien . Ini diyakini memilik banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Fitonutrien yang terdapat dalam buah alpukat adalah macam-macam karotenoid, termasuk di dalamnya yaitu lutein (antioksidan yang mencegah kerusakan pada mata akibat bertambahnya usia). Buah alpukat juga mengandung senyawa sterol yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kadar lipid di dalam darah.

Dikarenakan lemak pada buah alpukat adalah lemak baik, maka alpukat dapat dijadikan sebagai pengganti yang sehat untuk produk-produk makanan lain yang mengandung lemak jenuh. Kamu bisa mengoleskan alpukat tumbuk diatas roti sebagai pengganti mentega. kamu bisa juga mengganti potongan keju pada sandwich dan salad dengan irisan buah alpukat. Buah ini adalah alternatif baik untuk menjalani gaya hidup sehat.
Previous
Next Post »