Trypophobia . Definisi Tripophobia

Apa itu trypophobia ?
Saat ini banyak orang mencari kebenaran penyakit Trypophobia dengan simpel kata adalah penyakit takut terhadap lobang-lobang kecil yang menjijikan . Oleh karena itu kami akan memberikan sedikit pengertian Trypophobia tersebut untuk kita pahami .

Definis Trypophobia
Trypophobia (Tripophobia ) ialah suatau penyakit psikologis (Phobia) yang diderita oleh sesorang dengan perasaan yang tidak nyaman (ngeri, gatal, jijik, dan merinding) setelah melihat pola rongga berulang. Bisa juga diartikan definisi Trypophobia sebagai rasa takut yang muncul ketika melihat lubang yang terdapat pada tanaman, kulit binatang, gelembung pada adonan, dan sebagainya. Rasa takut ini dapat medadatangkan rasa gelisah sekali . Seseorang yang menagalami penyakit ini selalu terbayangan bentuk rongga tersebut. Akibatnya bisa berwujud rasa mual, gatal pada bagian tubuh tertentu, atau bulu merinding.

Menurut Urban Dictionary memberi definisi Trypophobia adalah sebagai rasa takut tidak irasional terhadap bentuk rongga pada suatu benda. Istilah Trypophobia sendiri sudah dicetuskan sejak tahun 2005. Fobia ini memang tidak diakui gejala kelainan mental oleh American Psychiatric Association. Tetapi, kenyataannya ada banyak orang yang mengalami rasa takut ini.


Sedangkat menurut Tim ilmuwan bidang psikologi dari University of Essex di Inggris telah mengidentifikasi jenis ketakutan baru pada manusia, yaitu trypophobia alias fobia terhadap lubang. Lalu, apa yang menyebabkan Trypophobia  ini?

Trypophobia tidak dapat melihat benda yang memiliki banyak lubang dengan pola berulang (klaster lubang). Misalnya, sarang lebah, sarang semut, dan kumpulan gelembung sabun. Semua penampakan benda itu dapat menyebabkan penderita terkena migrain, mual, serangan panik, berkeringat panas, dan jantung berdebar.


Tapi sekali lagi, rasa takut terhadap bentuk -bentuk asimetri pada beberapa orang dengan gangguan obsesif-kompulsif tidak terkait dengan jijik, Antony mengatakan mungkin lubang, terutama di obyek organik, dengan sadar mengingatkan kita pada gejala penyakit menular yang mempengaruhi kulit, seperti ruam atau melepuh yang berhubungan dengan campak dan cacar air. Semua ini, tentu saja, adalah spekulasi, dan hanya untuk menunjukkan betapa sedikitnya yang kita tahu tentang trypophobia.

Jika Anda mudah merasa aneh dan tak nyaman ketika melihat foto-foto yang terkesan jorok atau mengerikan, jangan mudah terjebak ketika berada di sebuah forum internet. Biasanya, ada yang iseng memancing Anda untuk melakukan tes. Ujung-ujungnya, Anda akan dihadapkan dengan gambar tangan atau tubuh manusia yang dipenuhi oleh lubang, sarang lebah, biji teratai, dan sederetan gambar lain.

Dalam taraf tertentu, selain akan terhantui gambar-gambar tersebut sepanjang hari, Anda bisa muntah saking jijiknya.

Birukut ini cotoh gambar foto yang jorok dan ditakuti penderita Trypophobia :
sakit Trypophobia

Definisi Tripophobia
pengertianTripophobia
Sekian tentang Tripophobia semoga dapat dipahami maksudnya . adapun cara mengatasi Tripophobia menurut saya kuatkan mental anda dengan menguatkan iman kepada Allah sang pencipta dan berdoa kepada-Nya serta mebiasakan meliahat yang anda takuti  .
Previous
Next Post »