Penyebab Penyakit Pilek Tambah Parah

Penyebab Penyakit Flu . Kebanyakan dari kita yang terbiasa dengan penyakit flu / penyakit pilek saat musim pancaroba mulai datang. Dan beberapa dari kita mengganggap penyakit flu ini adalah penyakit musiman yang sulit dicegah datangnya. Namun tahukah Anda apa sebenarnya penyakit flu dan bagaimana pencegahan penyakit flu ini ?

Penyakit Flu adalah salah satu penyakit pernafasan yang penyebabkan adalah virus yang biasa disebut virus influensa. Virus tersebut merupakan mikro organisme yang menginfeksi sel-sel tubuh manusia. Pada dasarnya virus influensa itu memiliki 3 tipe yaitu A, B, dan C. Tipe A dan B adalah virus yang umumnya menyerang manusia. Sementara virus tipe C jarang menyerang manusia.

Penyebab Penyakit Pilek Tambah Parah
Penyebaran virus penyakit flu biasanya melalui udara, berbagi alat makan dan minum, atau kontak langsung dengan penderita. Sekali menyebar maka manusia akan mudah tertular.

Virus yang menempel di kulit dapat masuk ke dalam tubuh saat menyentuh atau menggaruk hidung dan mulut. Mencuci tangan sangat penting guna membatasi penyebaran virus ini. Umumnya setelah terserang, gejala akan mulai terasa pada hari ke-1 hingga hari ke-4 pasca infeksi.

Setelah terkena virus flu terkadang kita masih bersantai tidak peduli dengan penyakit yang dianggap sepele ini sehingga semakinparah . Ada beberapa hal yang menyebabkan flu atau filek semakin parah , yaitu sbb :

1. Kurang minum
Anda perlu minum banyak air saat terkena flu dikarenakan cairan akan membantu melarutkan lendir dan tentu saja agar mudah dikeluarkan. Air bisa berasal dari banyak jenis seperti teh panas, air putih, jus, tapi yang paling di anjurkan yang hangat atau mendekati panas.

2. Stres
Stres dapat memicu flu dikarenakan kadar hormon stres dapat memicu inflamasi sistem imun. Hasilnya, sakit flu anda lebih lama.

3. Kurang tidur
Tidur yang cukup mamang menjadi kunci untuk sistem imun yang kuat. Studi menemukan bahwa tidur kurang dapat meningkatkan risiko flu berlipat. Jika flu membuat sulit tidur di malam hari, maka tidurlah awal. Anda harus tahu bagaimana Anda butuh istirahat.


4. Alkohol
Banyak minum alkohol akan menyebabkan dehidrasi dan bisa saja hidung tersumbat. Minum alkohol akan memperburuk sistem imun, oleh sebab itu alkohol harus anda jauhi.

5. Merokok
Kegiatan yang satu ini harus dijauhi, dan untuk flu biasanya perokok akan cenderung mengalami gejala flu yang parah jika dibandingkan yang tidak merokok. Ini terjadi dikarenakan merokok dapat merusak sel-sel di paru-paru anda yang mengakibatkan tubuh lebih sulit melawan virus flu.

Semoga info ini bermanfaat bagi anda, dan ingat “kesehatan adalah harta yang tidak ternilai“.(dnm)
Previous
Next Post »