Daun Thyme Untuk Batuk dan Kanker

Daun thyme ialah salah satu rempah yang bisa digunakan sebagai hiasan atau bahkan pemberi rasa dan aroma spesial pada makanan. Thyme ternyata juga memberi berbagi khasiat kesehatan pada tubuh.

Saat ini thyme masih banyak digunakan oleh orang-orang terutama sebagai minuman teh. Tanaman yang jumlah spesiesnya mencapai 350 spesies, ini jika dibuat teh, akan membantu pencernaan dan mengatasi gejala demam.
Daun Thyme Untuk Batuk dan Kanker

Selain itu thyme juga sering digunakan untuk hidangan di Eropa, seperti di Portugis, Lebanon, Turki, Spanyol, juga di Karibia dan Timur Tengah. Aroma thyme sangat cocok untuk bumbu daging panggang, ungkep dan sup. Thyme juga sering digunakan dalam racikan ‘bouquet of garni’ dicampur dengan bawang, wortel, daun bawang, dan peterseli.

Pada zaman modernn ini, banyak orang yang menyeduh thyme layaknya minuman teh. Teh ini bahkan kerap dijadikan untuk penyembuhan beberapa penyakit. Bubuk thyme dalam cangkir air mendidih yang dibiarkan 10 menit kemudian diminum 3-4 kali sehari adalah resep untuk menyembuhkan batuk. Teh thyme dicampur dengan madu untuk memberikan dampak yang lebih bagus.

Bahkan ada yang menggunakan jus thyme yang ditambah sedikit cuka untuk perawatan kanker dan tumor. Thyme memang mengandung minyak esensial timol. Timol, asam ursolat dan rosmarinic adalah terpen yang memiliki sifat anti-kanker.

Minyak esensial dalam thyme juga mengandung senyawa tambahan, seperti p-simena, myrcene, borneol dan linalool. Timol adalah bahan aktif utama dalam obat kumur seperti Listerine. Bahkan sebelum antibiotik modern dibuat, minyak thyme digunakan untuk mengobati luka. Timol juga telah terbukti efektif membersihkan jamur yang bisa membuat kuku kaki terinfeksi.

Thyme tidak memiliki efek samping. Namun, minyak esensialnya bisa mengiritasi kulit dan membran mukosa, dan dapat menyebabkan alergi. Thyme juga sebaiknya jangan digunakan untuk perempuan yang hamil.

Tulisan di atas hanya sebatas untuk pengetahuan tentang obat-obatan dan herbal. Penulis bukan ahli herbal, atau dokter. Sebaiknya jika Anda tertarik untuk menggunakan thyme konsultasikan dulu dengan dokter yang terpercaya, atau pada orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya.
Previous
Next Post »