Gejala Hepatitis dan Cara Mencegahannya

Gejala Hepatitis . Gejala hepatitis dan pencegahan apa yg penting kita lakukan. Kemudian, bila sudah terjangkit, tindakan apa yg dapat kita tempuh untuk mengatasinya.Hepatitis merupakan peradangan organ hati atau liver.

Penyakit ini tergolong penyakit yang sangat berbahaya karena menyerang organ vital manusia yaitu hati. Apa saja penyebab hepatitis? Mari kita simak uraian berikut.
Gejala Hepatitis dan Cara Mencegahannya

Penularah virus hepatitis B juga dapat melalui berbagai media seperti makanan, minuman, jarum suntik, bahkan melalui sisir dan handuk. selain itu dapat juga disebarkan dari ibu yang mengidap hepatitis B kepada anak yang dikandungnya, hubungan seksual dan transfusi darah.

Gejala Umum Penyakit Hepatitis
Pada umumnya penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang dapat langsung terlihat diluar tubuh. Berbeda jika kita terserang influenza ataupun pendarahan luar dam juga penyakit kulit seperti kurap dan panu. Biasanya orang yang menderita penyakit ini akan menyadari ketika sudah dalam kondisi kronis seperti telah terjadi sirosis atau kanker hati. Tetapi untuk lebih waspada akan kemunculan penyakit ini, ada baiknya kita lihat gejala-gejala umum yang terjadi pada penyakit hepatitis ini, seperti

1. Rasa mual diperut kanan, kembung, mual dan perasaan nausea atau ingin muntah.

2. Mudah merasa Lelah dan nyeri pada sendi dan otot

3. Kehilangan nafsu makan yang membuat badan kekurangan asupan gizi

4. Demam berkepanjangan maupun on off

5. Pada tahap berikutnya warna kulit dan putih mata akan berubah menjadi kuning karna zat albumin (zat racun dalam darah) tersebar karna tidak tersaring oleh Hati.

Pencegahan Penyakit Hepatitis
Tindakan preventif atau pencegahan selalu jadi senjata utama dalam menghadapi penyakit ini. Untuk melindungi diri dari virus hepatitis yang berbahaya ii tentunya vaksin adalah senjata utama, selain kegiatan ataupun kebiasaan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari hari , seperti :

1. Tidak mengkonsumsi Alkohol atau minuman beralkohol

2. Memperhatikan sanitasi dan kesehatan makanan dan minuman yang kita konsumsi

3. Memperbanyak makan sayur dan buah

4. Jangan terlalu lelah, istirahat yang cukup

5. Mendapatkan vaksinasi hepatitis

6. Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Penyakit Hepatitis ini termasuk dalam penyakit paling mematikan di dunia, setiap tanggal 28 Juli diadakan Hari Hepatitis Sedunia dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang bahaya penyakit hati sekaligus upaya untuk memperbaikin kualitas hidup agar terhindar dari hepatitis ini.
Previous
Next Post »