Gejala Penyakit Kurap Serta Cara Mencegahnya

Penyakit kurap adala golangan penyakit menular katanya ini yang disebabkan oleh parasit yang dikenal sebagai dermatofit yang memakan keratin. Kurap dapat menular dengan cara kontak langsung dengan manusia maupun hewan lain yang mempunyai penyakit tersebut. Selain manusia dan hewan, benda mati yang terkena parasit tersebut juga dapat menjadi media penyebaran penyakit tersebut. Namun dalam masalah kurap menular atau tidak yang terpenting adalah cara mencegahnya dengan baik .

Gejala Penyakit Kurap Serta Cara Mencegahnya
Gejala Penyakit Kurap
Berikut ini adalah gejala penyakit kurap atau katakanlah ciri-ciri kurap yang sering dialami oleh penderita penyakit tersebut.
1. Kulit bersisik
2. Pada udara dingin atau berkeringat rasa gatal akan timbul
3. Timbul lesi berbentuk bulat dengan pinggiran agak tinggi berisi air berwarna bening
4. Rasanya sangat gatal
5. Terjadi peradangan pada kulit akibat garukan
6. Jika mandi akan terasa perih

Itulah gejala-gejala yang sering terjadi sehingga jika ada gejala yang sama seperti diatas maka dapat dipastikan bahwa itu adalah penyakit kurap.

Cara Mencegah Penyakit Kurap
Penyakit ini sangat erat hubungannya dengan lingkungan yang kurang higienis. jadi kuncinya yaitu menjaga kebersihan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit kurap adalah sebagai berikut:

1. Bersihkan tempat yang sering digunakan sehari-hari misalnya saja kamar mandi. Kamar mandi adalah tempat yang lembab yang sering dijadikan sarang oleh bibit penyakit ini.
2. Bersihkan tempat tidur baik itu sprei dan bantal
3. Pakailah pakaian yang bersih dan ganti setiap hari
4. Hindari kontak langsung dengan penderita penyakit ini.
5. Jangan memakai alat yang digunakan penderita, misalnya saja handuk yang pernah digunakan oleh penderita penyakit kurap.
6.Namun nomor 4-5 lima tidak terlalu pengaruh jika kebersihan anda kurang sebab yang terpenting adalah kebersihan .
Previous
Next Post »