Hipertensi : Penyebab Dan Gejala Hipertensi


Hipertensi
Hipertensi atau sering disebut dengan Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum di mana cairan darah dalam tubuh menekan dinding arteri dengan cukup kuat hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung. Tekanan darah ditentukan dengan jumlah darah yang dipompa jantung dan jumlah resistensi terhadap aliran darah pada arteri kamu . Sehingga semakin
Hipertensi
banyak darah dipompa oleh jantung  dan arteri msnjdi menyempit, tekanan pun darah tsmbah meningkat.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) selama beberapa tahun tanpa mengalami gejala. Tekanan darah yang tidak dikontrol meningkatkan risiko mendapat masalah kesehatan yang serius, termasuk serangan jantung dan stroke.

Penyebab Hipertensi
Untuk mengetahui penyebab tekanan darah tinggi, akan lebih mudah jikadibagi manjadi dua jenis hipertensi yaitu primer dan sekunder .

Hipertensi primer (esensial)
Pada kebanyakan tidak bisa identifikasi penyebab dari tekanan darah tinggi. Tipe tekanan darah tinggi ini, disebut hipertensi “essential” atau hipertensi primer, cenderung berkembanglama dan bertahap .

Hipertensi sekunder
Tekanan darah tinggi sekunder adalah cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah lebih tinggi dari pada hipertensi esensial . Banyak hal yang dapa menyebabkan hipertensi sekunder, termasuk di antaranya :
  1. Pengkonsumsian obat tertentu, misalnya , pil KB, obat-obat pilek, dekongestan, pereda nyeri dan beberapa resep obat lainnya .
  2. Kelainan tertentu pada pembuluh darah saat dibawa lahir
  3. Pengunaan Obat-obatan illegal, seperti kokain dan “amphetamines

Gejala Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Sebagian pesien hipertensi tidak memiliki gejala namun ada juga orang yang mengalami gejala darah tinggi sebagai berikut ini :
  1. Wajah kemerahan
  2. Kelelahan
  3. Sakit kepala
  4. Perdarahan dari hidung
  5. Pusing
Previous
Next Post »