Artikel Tentang Sistem Pemerintahan Australia

Australia terletak di belahan bumi selatan antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia . Benua Australia membentang dari lintang lintang 10o 43o ke 41'LS 39'LS dan dari bujur 113 ° sampai 153o 39'BT 09'BT . Benua Asia terletak di sebelah utara Australia , dan terletak di selatan Samudra Selatan , dan selatan lagi letak benua Antartika .

Australia berbagi laut dengan tetangga terdekat , yaitu Indonesia dan Papua Nugini . Australia terletak di sebelah tenggara Indonesia . Pada titik terdekatnya , Australia dan Indonesia , hanya beberapa kilometer terpisah .

Luas total Australia adalah 7.682.300 km2 . Luas wilayah adalah sekitar 3200 km dari pantai timur ke barat dan 3700 km panjang pantai Cape York di utara ke Cape East di Tasmania . Australia adalah benua terkecil , sedangkan yang terbesar adalah Asia yang mencakup 44.614.000 km2 . Australia merupakan negara terbesar keenam di dunia dalam hal ukuran , lebih kecil jika dibandingkan dengan Rusia , Kanada , Cina , Amerika Serikat , dan Brasil .
Makalah Tentang Sistem Pemerintahan AustraliaArtikel Tentang Sistem Pemerintahan Australia
Sistem pemerintahan Australia

Sistem pemerintahan Australia dibangun di atas tradisi demokrasi liberal . Berdasarkan nilai-nilai toleransi beragama , kebebasan berbicara dan berserikat , dan supremasi hukum , institusi dan praktik dari pemerintah Australia mencerminkan model Inggris dan Amerika Utara. Pada saat yang sama , mereka khas Australia .

pemerintah yang bertanggung jawab

Salah satu yang tertua dan berkelanjutan demokrasi di dunia , Persemakmuran Australia didirikan pada 1901 ketika bekas koloni Inggris - sekarang enam negara bagian - sepakat untuk menjadi federasi . Praktek dan prinsip-prinsip demokrasi parlementer yang membentuk pra - federasi kolonial ( seperti ' satu orang , satu suara ' dan hak pilih perempuan ) yang diberlakukan oleh pemerintah federal Australia pertama .

Koloni Australia mewarisi tradisi Inggris yang mencakup pemilihan hak pilih terbatas dan pemungutan suara umum dan ganda . Pelanggaran seperti suap dan intimidasi pemilih mendorong perubahan pemilihan . Australia mempelopori praktek reformasi pemilu yang mendukung demokrasi modern .

Pada tahun 1855 , Victoria memperkenalkan pemilihan secara rahasia, yang menjadi terkenal di seluruh dunia sebagai ' pemilu Australia ' . Pada tahun 1856 , Australia Selatan menghapuskan persyaratan profesional dan harta benda dan memberikan hak untuk memilih kepada semua laki-laki dewasa , maka pada tahun 1892 memberi perempuan hak untuk memilih hari ini. Pada dekade 1890-an koloni pada prinsip satu suara per orang , menghentikan praktik pemungutan suara ganda .
Pemerintah Australia didasarkan pada parlemen yang dipilih secara populer dengan dua majelis : Dewan Perwakilan dan Senat .

Para menteri diangkat dari kedua majelis fungsi eksekutif , dan keputusan kebijakan dibuat dalam rapat kabinet . Selain pengumuman keputusan , diskusi Kabinet tidak diungkapkan . Para menteri terikat oleh prinsip solidaritas Kabinet , yang sangat mencerminkan model Inggris kabinet bertanggung jawab kepada parlemen.

Meskipun Australia adalah bangsa yang merdeka , Ratu Elizabeth II dari Inggris juga secara resmi Ratu Australia . Ratu menunjuk Gubernur Jenderal ( atas saran dari Pemerintah Australia terpilih ) untuk mewakilinya . Gubernur Jenderal memiliki kekuasaan yang luas, tapi konvensi hanya bertindak atas saran para menteri pada hampir semua hal .

Sebuah konstitusi tertulis

Seperti Amerika Serikat namun berbeda dengan Inggris , Australia memiliki charter tertulis Hukum . UUD Australia merumuskan tanggung jawab pemerintah federal , termasuk urusan luar negeri , perdagangan , pertahanan dan imigrasi . Negara dan teritori bertanggung jawab atas segala hal yang tidak ditugaskan untuk Persemakmuran , dan mereka juga mematuhi prinsip pemerintahan yang bertanggung jawab . Dalam negara , Ratu diwakili oleh seorang Gubernur untuk setiap negara .

Pengadilan Tinggi Australia menangani sengketa antara Persemakmuran dan negara . Banyak keputusan pengadilan memperluas kekuasaan dan tanggung jawab pemerintah federal yang konstitusional .
Konstitusi Australia hanya dapat diubah dengan persetujuan pemilih nasional melalui referendum di mana semua orang dewasa termasuk dalam daftar pemilih harus ikut serta.

Rancangan undang-undang berisi amandemen pertama-tama harus disahkan oleh kedua majelis parlemen atau , dalam keadaan tertentu , hanya oleh salah satu majelis parlemen . Setiap perubahan UUD harus disetujui oleh mayoritas ganda - mayoritas pemilih nasional dan mayoritas pemilih di mayoritas negara bagian ( sekurangnya empat dari enam negara ) . Jika satu atau bebeberapa negara-negara tertentu dipengaruhi oleh isi referendum , mayoritas pemilih di negara-negara juga harus menyetujui perubahan tersebut . Aturan ini sering disebut sebagai 'mayoritas tiga' . Ketentuan mayoritas ganda membuat perubahan UUD menjadi sulit . Sejak federasi pada tahun 1901 , hanya delapan dari 44 usulan amandemen UUD yang disetujui .

Pemilih pada umumnya enggan mendukung apa yang mereka lihat sebagai kekuatan meningkatnya pemerintah federal . Negara bagian dan teritori juga harus mengadakan referendum .
kedaulatan parlemen
Konstitusi Australia menggambarkan kekuasaan pemerintah menjadi tiga bagian - legislatif , eksekutif dan yudikatif - tetapi menegaskan bahwa legislator juga harus anggota eksekutif . Bahkan , delegasi parlemen wewenang untuk legislatif ke eksekutif lebar . Pemerintah dibentuk di Dewan Perwakilan Rakyat oleh partai yang mampu meraih mayoritas di parlemen.

Pihak minoritas seringkali menjadi keseimbangan kekuasaan di Senat , yang berfungsi sebagai ruang review keputusan pemerintah . Para senator dipilih untuk jangka waktu enam tahun , dan dalam pemilihan reguler hanya setengah senator yang menghadapi pemilih .

Dalam semua parlemen Australia , pertanyaan dapat diajukan tanpa pemberitahuan sebelumnya , dan giliran yang ketat antara pemerintah dan oposisi untuk mempertanyakan menteri selama Waktu Tanya . Oposisi menggunakan pertanyaan untuk mencecar pemerintah . Memberikan kesempatan bagi menteri-menteri pemerintah untuk menjelaskan kebijakan dan tindakan pemerintah secara positif , atau untuk menyerang oposisi .

Apapun yang dikatakan di parlemen dapat disebarluaskan dengan seimbang dan akurat tanpa takut biaya pencemaran nama baik . Question Time keriuhan dan debat parlemen dan disiarkan secara luas . Hal ini membantu membangun reputasi debat publik yang tangguh di Australia , dan berfungsi sebagai kendali informal atas kekuasaan eksekutif .
Previous
Next Post »