Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mata dengan Cepat

Berikut ini kita akan bahas tuntas tentang bagaimana cara mengobati sakit mata atau menyembuhkan sakit mata . sebelum ke pembahasan pokok sebaiknya kita kenal dulu sakit mata itu apa , penyebab serta ciri-ciri atau gejalanya .

Kebnayakan kita cara untuk mengobati penyakit mata, namun tidak banyak yang mengetahui apa sebenarnya penyebab sakit mata.
Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mata dengan Cepat

Penyebab sakit mata bisa dikategorikan menjadi dua kategori besar, yaitu :
1. Sakit dipermukaan mata (ocular)
2. Sakit didalam orbit mata (orbital)


Baiklah kita akan coba bahas penyebab sakit mata yang di dasari dua kategori penyebab diatas :


1. Sakit dipermukaan mata
Rasa sakit di permukaan mata adalah kondisi dimana rasa sakit berasal dari luar struktur permukaan mata, beberapa penyebabnya adalah :

Konjungtivitis adalah salah satu masalah mata yang paling umum. Konjungtivitis biasanya disebabkan oleh alergi, bakteri, kimia, atau peradangan virus dari konjungtiva (membran yang lembut melapisi kelopak mata dan menutupi bola mata).ciri-ciri sakit mata yang disebabkan oleh konjungtivitis ini ialah
mata berubah warna menjadi merah muda. rasa sakit biasanya ringan, atau tidak ada rasa sakit sama sekali. Gatal, kemerahan.

 Lecet kornea juga penyebab umum sakit mata kornea adalah salah satu bagian pada mata paling transparan, sensitif dan lembut. Lecet biasanya terjadi dikarenakan goresan ke permukaan kornea, seperti dari benda asing atau terlalu sering menggunakan lensa kontak.

Efek Kimia dan luka bakar merupakan penyebab signifikan pada sakit mata. Efek Kimia yang dimaksud berupa asam atau zat basa, seperti pembersih rumah tangga atau pemutih.

Adapun luka bakar biasanya berasal dari sumber cahaya yang kuat, seperti percikan las api atau juga berasal dari matahari dan alat-alat penerangan yang memiliki intensitas cahaya cukup tinggo.

 Radang kelopak mata biasanya terjadi dikarenakan kelenjar minyak terpasang di tepi kelopak mata.

 penyebab lainnya adalah adanya iritasi mata. ditandai dengan adanya benjolan kecil pada mata Anda, benjolan mata ini dibentuk oleh kelenjar minyak mata yang tidak normal. sehingga menyebabkan iritasi pada mata, rasa sakitnya cukup menyakitkan


2. Sakit didalam orbit mata (orbital)
Sakit Orbital digambarkan sebagai sakit yang terdapat dibagian dalam mata atau di belakang permukaan mata.

Berikut ini beberapa penyebab sakit mata yang berasal dari orbital :

Glaukoma menyebabkan nyeri orbital, walaupun sebagian besar kasus glaukoma tidak menyakitkan. Glaukoma disebabkan oleh peningkatan tekanan intraokular, atau tekanan internal mata, yang akhirnya dapat menyebabkan cacat dalam penglihatan dan bahkan kebutaan jika tidak diobati. Tekanan intraokular dapat meningkat dikarenakan penyumbatan cairan mata atau peningkatan produksi aqueous humor (cairan yang menggenangi mata). Hal ini biasanya terjadi pada orang tua.
  
Iritis adalah peradangan pada iris, atau bagian berwarna dari mata, yang menyebabkan rasa sakit mata dalam.

Neuritis Optik adalah suatu peradangan pada saraf optik. Saraf optik terhubung ke bagian belakang mata. Penyebab peradangan ini biasanya berasal dari multiple sclerosis, infeksi virus, atau infeksi bakteri.

Sinusitis, yang merupakan infeksi bakteri atau virus dari sinus, dapat menyebabkan rasa nyeri orbital atau lekuk mata.

Migran, adalah penyebab yang sangat umum nyeri orbital mata yang terkait dengan sakit kepala.

Trauma peristiwa, seperti cedera penetrasi ke mata, pukulan mata dengan benda asing, dan tabrakan kendaraan bermotor, yang menyebabkan rasa sakit mata signifikan dan cedera. Goresan ke kornea biasanya terkait dengan peristiwa traumatis yang sangat menyakitkan. Ini adalah mata masalah umum yang menyebabkan orang untuk mencari bantuan medis.



Cara Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mata Secara Alami

Perlu diketahuo bahwa sakit mata tidak begitu mudah menular hanya dengan saling memandang saja, namun yang jelas-jelas terbukti menularkan penyakit ini adalah adanya kontak langsung dengan cairan mata orang yang terkena sakit mata atau bahkan cairan tubuh dari orang yang sedang mengalami sakit mata akibat virus. 

Pencegahan terhadap penyakit ini harus diprioritaskan, karena mata adalah organ terpenting bagi manusia sehingga diperlukan perawatan yang baik. Berikut ini akan kami informasikan cara alami mengobati sakit mata, diantaranya:

1. Menggunakan daun sirih

Khasiat daun sirih sudah sangat banyak diketahui masyarakat nusantara secara meluas. Disamping efektif untuk mengobati dan menyembuhkan sakit mata, daun sirih merupakan antiseptic yang sangat mujarab membersihkan lendir-lendir di dalam mata. Caranya siapkan lima lembar daun sirih segar. Masaklah air cukup untuk sepiring atau lebih kurang 600cc air bersih, sambil menunggu air mendidih, cuci bersih daun sirih dan remas-remas atau hancurkan daun sirih di atas piring (lebih baiknya anda gunakan piring porselain), hal ini untuk mengeluarkan getah dan zat antiseptic daun sirih dan untuk mengetahui seberapa banyak kotoran pada mata anda.

Setelah air mendidih tuangkan ke dalam piring yang sudah berisi remasan daun sirih tadi. tunggu hingga air sampai dingin kemudian saring airnya. Langkah berikutnya rendamlah mata Anda yang sakit atau kemasukan debu pada piring yang berisi air sirih yang telah disaring, sambil di rendam lakukan gerakan buka dan tutup mata anda dalam air sirih tersebut, lakukan ini lebih kurang 2 menit utuk setiap bagian mata. kemudian ulangi lagi sampai anda merasakan bahwa debu sudah bersih dari mata anda. Namun jika anda megalami sakit mata lakukan secara rutin 3 hari berturut-turut

2. Menggunakan bawang putih

Selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa untuk mengobati sakit mata Anda. Caranya dengan basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan digosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci. Ulangi lagi langkah diatas dengan beberapa kali, agar bisa memberikan hasil maksimal.

3. Menggunakan daun melatimelati

Daun melati juga bisa membantu proses penyembuhan sakit mata secara alami. Caranya dengan mengambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

4. Menggunakan buah delima

Cara kedua bisa menggunakan buah delima yang terlebih dahulu dihaluskan dan kemudian airnya bisa diminum sebagai obat herbal dari dalam.


Makanan Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mata
Selain anda mengobati dengan obat tradisional sakit mata atau pun obat dari dokter anda sebaiknya memakan makan yang bisa menunjang kesehatan mata anda . misalkan di dibwah ini :

  1. Wortel. Buah ini merupakan salah satu buah yang erat kaitannya dengan kesehatan mata. Ini dikarenakan, wortel mengandung beta karoten, vitamin A yang mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh organ mata anda.
  2. Bayam. Beberapa sayuran yang bewarna hijau khususnya bayam merupakan jenis makanan yang bagus untuk kesehatan mata. Ini dikarenakan, sayuran yang bewarna hijau merupakan sumber lutein dan zeaxathin yang berfungsi mencegah degenarasi makula serta katarak pada mata.
  3. Telur. Suka makan telur...???. Kuning telur ternyata memiliki kandungan lutein serta zeaxathin yang berfungsi untuk mencegah degenerasi makula atau penurunan daya lihat seseorang pada organ matanya.
  4. Buah-buahan. Buah-buahan yang dimaksud yaitu yang merupakan sumber vitamin C seperti buah jeruk. Karena kandungan vitamin C pada buah tersebut dapat menghindarkan seseorang dari degenerasi makula dan bahkan katarak.
  5. Aneka ikan laut. Ikan laut yang di maksud yaitu salmon serta sarden. Ini dikarenakan, kedua ikan tersebut kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat di butuhkan untuk menutrisi organ mata agar tetap sehat.
  6. Brokoli. Kandungan vitamin C dalam brokoli memberikan nutrisi yang sangat di butuhkan oleh organ penglihatan. Agar dapat berfungsi optimal untuk daya lihat seseorang yang lebih baik dan lebih jelas tentunya.
  7. Ubi jalar. Inilah salah satu makanan yang merupakan sumber vitamin C serta beta karoten. Kedua kandungan zat dari ubi jalar tersebut sangat baik untuk kesehatan organ penglihatan anda.

Pantangan yang harus di Hindari saat Sakit Mata
Nah . Terkhirnya adalah kita menghindari penyebab sakit mata yang bisa mengakibatkan mata rusak dan semaki parah karena berobat dan terus melakukan hal dibawah ini sama saja bohong . meri kita liha apa saja yang wajib anda hindari agar proses Mengobati dan Menyembuhkan Sakit Mata dengan Cepat ini lebih optimal .


1. Menonton TV terlalu dekat.

Siapa sih yang gak tahu aturan yang satu ini? Walaupun Mama dan Papa sudah berkali-kali mengingatkan, pasti banyak dari kamu yang lupa. Dan ternyata, jarak menonton TV yang baik juga ada rumusnya, lho, yaitu: 5 x panjang diagonal TV. Misalnya, TV di rumah kamu 21 inch. Nah, jarak menontonnya minimal 5 x 21 inch = 105 inch. Kalau dijadikan meter tinggal dikalikan 0.025. Jadi untuk TV 21 inch, jaraknya menjadi 2,6 meter (didapat dari 105 x 0.025).

2. Membaca buku, main HP, atau nonton TV sambil tiduran.

Membaca buku, main HP, dan nonton TV sambil tiduran, terutama dengan posisi miring, memaksa mata kamu untuk focus padahal pupil kamu tidak bisa focus. Hal seperti ini bisa memicu kerusakan mata.

3. Terlalu lama nonton TV, browsing laptop, atau main game

Mata kamu perlu istirahat juga, lho! Seperti tubuh kamu yang lain, bila mata kamu dipaksa terlalu lama, pasti akan lelah juga. Apalagi jika kamu terlalu lama memandang layar tanpa berkedip. Mata kamu akan jadi lebih kering dan lebih gampang teriritasi.

4. Sering mengucek mata.

Ini mungkin kamu lakuan tanpa kamu sadari. Padahal, tangan adalah bagian tubuh kamu yang paling sering bersentuhan dengan berbagai macam hal dan karenanya terdapat banyak kuman penyakit. Coba bayangkan, kuman-kuman tersebut bersentuhan dengan mata kamu. Seraaamm!!!

5. Membaca, browsing, atau menonton TV dengan cahaya yang remang-remang.

Mau melakukan penghematan dengan mengurangi jumlah lampu yang terpasang saat menonton TV sih sah-sah saja. Tapi jangan lupakan kesehatan mata kamu. Kalau memang mau cinta lingkungan, mungkin lebih baik kamu kurangi deh kebiasaan nonton TV dan carilah aktivitas lain yang seru dengan keluarga kamu!

6. Melihat Aurat .
Hindari pandangan anda terhada aurat sejenis dan lawan jenis .
Previous
Next Post »