Obat Cacar , Cara Mengobati Cacar Air dan Campak

Cacar air dan campak adalah merupakan penyakit yang umumnya menyerang anak-anak pada usia 3-5 tahun . namun orang dewasa bisa terserang cacar

Penyakit cacar air dikenal juga dengan varicella simplex . Ini disebabkan oleh virus varicella zoster .dalam kondisi badan lemah maka akan lebih mudah diserangnya .

Gejala atau tanda Cacar

Gejala cacar air biasanya ditandai dengan demam ringan, lesu dan sakit kepala ringan . Kemudian pada besonya kulit menjadi merah dan terasa panas serta muncul benjolan kecil . benjolan tersebut ada airnya . bisanya dibagian berada di punggung, dada, hingga leher dan lengan.

Cara Mengobati Cacar Air

Cacar air dapat hilang dengan sendiri dalam waktu 2 - 4 minggu sejak mulai ada benjolan berisi air . Tapi agar terhindar dari resiko buruk sebaiknya segera ditangani dengan mengobatinya .
Cacar bisa anda obati dengan ramuan tradisional obat cacar . Berikut ini obat cacar yang bisa anda coba untuk mengatasi cacar .

  1. Obat Cacar - Jus Buah Mengkudu
    Ambil buah mengkudu yang sudah matang (berwarna kuning) dan bersih lalu jus dan diminum sekali gus sebanyak 1 gelas . Lakukan 2-3 kali dalam seharinya .

  2. Obat Cacar - Temulawak
    Bahan :
    • Ambil 25 grm temulawak
    • 15 gram kencur
    • 15 gram asam jawa
    • dan 600cc air.
    Bersihkan lalu iris  kecil-kecil bahan tadi  kemudian ,  rebus sampai airnya jadi 300cc atau dengan kata lain  setengahnya. Minum 2-3 kali sehari setelah dingin .
     
  3. Obat Cacar - Bunga Gendola
    Bunga Gendola dapat mengeluarkan racun dan organisme (termasuk virus) dari tubuh sehingga bunga gendola bisa dijadikan untuk obat cacar .
    Caranya :
    Aambil sekitar 30 gram bunga gendola lalu direbus dalam 3 gelas air hingga menjdi 1 gelas air rebusannya . Kemudian airnya diminum sekaligus .
Berikut ini contoh bahan-bahan diata :


Obat Cacar , Cara Mengobati Cacar Air dan Campak
Temulawak
Cara Mengobati Cacar Air dan Campak
Mengkudu
Obat Cacar , Cara Mengobati Cacar Air dan Campak
Bunga Gendola


Mengobati Gatal-Gatal Akibat Cacar Air

Orang yang terkena cacar akan terasa gatal dan perih atau nyeri . Untuk mengatasinya agar tidak gatal lagi , bisa mencoba langsung resep obat gatal akibat cacar dibawah ini :
  • Sediakan 1 genggam daun asam jawa dan 1 ruas jari empu kunyit. Bersih ke-2 nya ditumbuk halus sampai kayak adonan . setelah itu oleskan pada bagian kulit yang gatal .

Penyakit Campak

Campak ada kemirip dengan cacar , penyakit campak ini  ditandai dengan demam ringan, badan menggigil, diikuti dengan batuk, mata berair, hidung meler serta badan terasa lemah.

3 hari kemudian terlihat ada ruam merah di kulit wajah dan leher serta pada selaput lendir mulut. Pada saat puncaknya, demam bisa mencapai 40 derajat celcius atau lebih . Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi virus campak golongan Paramixovirus.

Untuk campak belum ada pengobatan khusus .  sebaiknya tingkatkan daya tahan tubuh anak dengan asupan makanan bergizi dan juga istirahat

Untuk menurunkan demamnya berilah asetaminofen atau ibuprofen. dan bila terjadi infeksi bakteri, diberikan antibiotik.
Untuk obat alami campak bisa anda gunakan rebusan  bunga Gendol adapun pengolahan dan pemakaiannya seperti diatas pada Obat Cacar - Bunga Gendola .
Previous
Next Post »