Anemia : Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan

 Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan Anemia
Anemia sering dikebal dengan sebutan kurang darah adalah merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin di dalam sel darah kurang dari normal  . Sel darah merah mengandung hemoglobin dan berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru dan membawanya ke seluruh bagian tubuh kita .

Anemia menyebabkan transportasi sel darah merah terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia  mengalami kekuranga oksigen penghasilkan energi sehingga tidak mengeherankan jika gejala anemia ditandai dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah dan gejala-gejala anemia lainnya .

Penyebab Dan Faktor Risiko
Pada dasarnya sel darah terdiri tiga jenis sel darah , yaitu :
  1. Leukosit atau Sel darah putih . darah putih berguna untuk melawan infeksi.
  2. Platelets atau keping darah . Ini berguna membantu membekukan darah pada saat terluka.
  3. Eritrosit atau Sel darah merah .Ini fungsinya membawa oksigen dari paru-paru melalui aliran darah menuju otak dan organ serta jaringan lain.
Tubuh kita memerlukan suplai oksigen agar bisa berfungsi sebagai mana mestinya . Sel darah merah mengandung hemoglobin yang merupakan protein yang kayak dengan zat besi yang memberikannya warna merah.

Sel darah banyak diproduksi oleh sumsum tulang belakang . Untuk memproduksi sel darah merah dan hemoglobin, tubuh anda membutuhkan zat besi, mineral, protein dan vitamin lainnya dari makanan yang anda makan sehari-hari .

Penyebab Anemia

Anemia ini terjadi disaat tubuh memproduksi sedikit menghasilkan sel darah merah , terlalu banyak  kehilangan sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak dari pada menggantinya . Berikut ini beberapa jenis anemia dan penyebabnya masing-masing :
  1. Iron deficiency anemia
    Penyebabnya adalah diakibatkan kekurangan zat besi dalam tubuh . Sumsum tulang membutuhkan asupan zat besi untuk membuat hemoglobin .Tubuh tidak akan memproduksi cukup hemoglobin untuk sel darah merah  jika zat besi tidak cukup .
     
  2. Vitamin deficiency anemia
    Selain zat besi, tubuh juga membutuhkan folat dan vitamin B-12 untuk sel darah merah. Asupan makanan yang rendah zat tersebut dan nutrisi penting lainnya bisa menimbulkan produksi sel darah merah turun .
     
  3. Anemia of chronic disease
    Disebabkan Penyakit kronis tertentu , misalkan kanker dan HIV/AIDS. Dapat mempengaruhi produksi sel darah merah, menghasilkan anemia kronis. Gagal ginjal juga dapat menyebabkan anemia.
     
  4. Aplastic anemia
    Ini disebabkan oleh berkurangnya kemampuan sumsum tulang belakang untuk menghasilkan ketiga jenis sel darah. Penyebabnya belum diketahui.
     
  5. Anemias associated with bone marrow disease
    Kondisi seperti leukemia dan myelodysplasia dapat mengkibatkan anemia yang dapat menyebabkan produksi darah di sumsum tulang belakang berkurang .
     
  6. Hemolytic anemias
    Kondisi ini terjali dikarenakan sel darah merah hancur lebih cepat sehingga sumsum tulang belakang tidak mampu mengimbanginya dengan menghasilkan sel darah merah pengganti . ini bisa disebabkan oleh  Penyakit tertentu seperti gangguan pada darah dan gangguan autoimun tubuh .
  7. Sickle cell anemia
    Jenis anemia yang satu ini adalah disebabkan oleh kecacatan bentuk hemoglobin yang membuat sel darah merah terbentuk seperti sabit . Sehingga Sel darah merah mati secara prematur dan bisa menyebabkan kondisi kronis kurangnya sel darah merah .
     
  8. Anemia lain
    Anemia jenis ini berbeda dari jenis lainnya , antara lain thalassemia dan anemia yang disebabkan oleh kecacatan hemoglobin .

Faktor risiko anemia

Dibawah ini faktor yang dapat meningkatkan peluang terjadinya anemia :
  1. Rendahnya asupan gizi pada makanan.
  2. Gangguan kesehatan usus kecil atau operasi yang berkenaan dengan usus kecil.
  3. Menstruasi.
  4. Kehamilan.
  5. Kondisi kronis seperti kanker, gagal ginjal atau kegagalan hati.
Selain diatas Infeksi tertentu seperti gangguan pada darah dan autoimun, terkena racun kimia, diabetes ,dan menggunakan beberapa obat yang berpengaruh pada produksi sel darah merah juga faktor terjadinya anemia pada seseorang .
Anemia . Penyebab, Faktor Risiko dan Pencegahan
Anemia

Pencegahan Penyakit Anemia

Ada  jenis anemia tidak dapat dicegah . Namun kamu dapat membantu menghindari iron deficiency anemia dan vitamin deficiency anemias dengan makanan sehat yang mengandung berikut ini  :

1. Zat besi
Zat besi dapat anda dapat kan pada  daging , kacang, sayuran berwana hijau gelap, buah yang dikeringkan, dan lain-lain.

2. Folat
Folat adpa  pada jeruk , pisang, sayuran berwarna hijau gelap, kacang-kavangan, sereal dan pasta .

3. Vitamin B-12
Vitamin B-12 terdapat pada daging dan susu.

4. Vitamin C
Vitamin C  Makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, melon dan buah beri . viamin C membantu penyerapan zat besi.
Previous
Next Post »