Bersihkan Karang Gigi Dengan Nanas

Bersihkan Karang Gigi Dengan NanasBersihkan Karang Gigi-Siapa yang menduga bahwa buah nanas bisa di gunakan untuk menghilangkan karang gigi anda. Namun itu lah yang saya alami beberapa waktu yang lalu, karang gigi yang menempel pada gigi geraham belakang saya tiba-tiba terlepas dengan sendirinya setelah saya mengkonsumsi buah nanas ini.

Zat antiplak alami terdapat pada enzim bromelain dari buah nenas. Enzim bromelain sudah diketahui memiliki khasiat multiguna seperti mengatasi radang, menghilangkan nyeri, mempercepat penyembuhan luka, membantu pencernaan, meningkatkan penyerapan obat, meningkatkan imunitas, meningkatkan sirkulasi darah, dan bersifat antitumor. Namun pemanfaatan sebagai zat antiplak belum banyak terungkap. Bromelain ternyata bisa membantu memecahkan protein, karbohidrat dan lipid dari makanan serta dekstran yang merupakan produk metabolit dari bakteri yang terbukti memegang peranan penting saat pembentukan plak gigi.

Riset Hidayah dan rekan dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember pada 2000 memperlihatkan bromelain dapat memecah ikatan glutamin alanin dan arginin alanin yang merupakan asam amino penyusun protein. Penelitian Hidayah tersebut menggunakan gigi tiruan resin akrilik. Dengan kemampuan seperti itu pantas bromelain berpotensi sebagai bahan baku pasta gigi anak-anak. Bagi kita ada gunanya juga sesekali dalam sepekan mengonsumsi buah nenas segaruntuk mengurangi plak gigi bahkan mengikis karang gigi di luar kebiasaan mengosok gigi secara rutin.

Awalnya saya mengetahui cara ini setelah ibu saya beberapa kali menggunakan cara ini dan berhasil, tetapi saya tidak percaya karena saat itu cara ini tidak berhasil untuk saya.
Namun berapa lama kemudian cara ini berhasil untuk saya. Melihat dari pengalaman ini saya mengambil sebuah kesimpulan bahwa cara ini hanya berguna untuk menghilangkan karang gigi bagian luar gigi yang sudah menggumpal, sedangkan karang gigi yang masih tipis tidak akan mudah hilang.

Solusi dari saya, sebelum terjadinya karang gigi sebagai akibat dari menggumpalnya sisa-sisa makanan di gigi, sebaiknya anda melakukan sikat gigi minimal 3x sehari dan berkumurlah dengan cairan pembersih mulut.

Previous
Next Post »