Penyakit Meningitis , Tanda-Tanda dan Cara Mengobatinya

Meningitis atau lebih dektanya Radang selaput otak atau ialah merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat infeksi pada lapisan otak atau urat syaraf tulang belakang. Adapun Penyebabnya yaitu adanya virus, bakteri, atau jamur yang menyebar ke aliran darah kemudian sampai ke dalam cairan otak. 

Penyakit Meningitis tergolong penyakit yang berbahaya karena apabila dibiarkan bisa terjadi pembengkakan otak, cacat permanen, koma hingga dapat mengakibatkan kematian. Baik anak kecil dan juga orang dewasa bisa terserang sakit Meningitis .

Penyakit Meningitis , Tanda-Tanda dan Cara Mengobatinya

Tanda-Tanda Penyakit Meningitis
Untuk mendapatkan hasil yang kongkrit Penderita penyakit meningitis perlu didiagnosis terlebih dahulunamun Meskipun demikian , ada gejala-gejala penyekit meningitis yang biasanya dialami pada penderita Meningitis . adapaun gejala atau ciri-ciri Meningitis tersebut adalah beriku ini ;

  1. Sakit kepala
  2. Demam
  3. Otot leher kaku
  4. Ketakutan pada cahaya terang
  5. Ketakutan pada suara keras (phonophobia)
  6. Sering ingin Muntah
  7. Nampak seperti kebingungan
  8. Susah bangun dari tidurnya

Sementara , Bila penderita adalah seorang bayi, gejala tersebut tidak begitu nampak. Namun biasanya bayi yang menderita penyakit meningitis akan nampak lemah dan kurang aktif, gemetar pada tubuhnya, tidak mau menyusu ibu nya, dan sering muntah .

Pengobatan Penyakit Meningitis

Penyembuhan terbaik untuk penyakit meningitis tentu saja segera di bawa ke rumah sakit. Bahkan rumah sakitnya pun benar-benar yang berkelas dan memiliki perlengkapan yang baik untuk mendiagnosa penyakit ini karena dalam penyembuhan dan pengobatan penyakit meningitis harus dilakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium seperti test darah, rontgen bahkan cek cairan selaput otak.

Untuk pencegahan penyakit ini adalah dengan gaya hidup sehat seperti menjaga kebersihan mulai dari pakaian, makanan, badan dan lingkungan sekitar kita agar tidak banyak mengandung bakteri dan virus yang memang tidak dapat dilihat dengan mata kita.

Tips Pencegahan Penyakit Meningitis

  1. Menjaga kebersihan tangan.
  2. Menjaga kebersihan area peternakan unggas.
  3. Menjaga stamina dan daya tahan tubuh.
  4. Kayu manis.
  5. Jangan lupa untuk memberikan vaksinasi pada anak.
  6. Kebersihan mainan dan area bermain anak.
  7. Hindari menggunakan alat-alat tertentu secara bersama-sama.
Previous
Next Post »