Penyakit Lupus : Penyebab ,Jenis dan Faktor Risiko Penyakit lupus

Lupus adalah penyakit autoimun muncul ketika tubuh terkena zat asingn yang  tertentu, seperti virus dan bakteri ,  kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal seperti dapat menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh , antara lain pembuluh darah , ginjal, jantung, sendi, kulit, paru-paru, dan otak .

Penyakit Lupus
Penyakit Lupus
Penyebab penyakit ini belum diketahui secara jelas namun dugaan  yang  Lupus seperti merupakan kombinasi faktor genetik dan lingkungan . Banyak dari penderita dengan kecenderungan turunan mengalami lupus hanyak ketika mereka terkena sesuatu di dalam lingkungan yang dapat memicu lupus, seperti obat atau virus meski pada dasarnya penyakit tidak disebabkan turunan hanya unsur kebetulan bahwa anak dan orang tua mengalami sakit yang sama .

Jenis-Jenis Penyakit Lupus
  1. Systemic lupus erythematosus
    Lupus ini pada mulanya bisa berefek pada bagian tubuh manapun . Sistem di dalam tubuh yang secara umum terkena adalah sendi , kulit, paru-paru, ginjal dan darah. Disaat orang berbicara mengenai lupus, lupus tersebut biasanya adalah systemic lupus erythematosus.
  2. Discoid lupus erythematosus
    Lupus sasarannya hanya pada kulit . Mereka terkena lupus discoid terlihat mengalami ruam pada wajah, leher dan kulit kepala.
  3. Drug-induced lupus erythematosus
    Lupus ini terjadi pengguna obat tertentu . Namun Tidak semua orang yang menggunakan obat tersebut mengalami lupus. Lupus jenis ini berefek pada berbagai sistem di dalam tubuh. Tanda dan gejala biasanya hilang jika berhenti menggunakan obat yang menyebabkan lupus .
  4. Neonatal lupus
    Ini merupakan jenis lupus langka berefek pada bayi yang baru lahir . Ibu degan antibody tertentu yang memiliki hubungan terhadap penyakit autoimun dapat menurunkannya pada bayi mereka

Faktor risiko penyakit lupus

Meskipun penyakit lupus para doker belum mengetahui apa yang menyebabkan lupus pada banyak kasus, namun mereka telah mengidentifikasi faktor apa saja yang meningkatkan risiko penyakit ini , antara lain :

  1. Jenis kelamin
    Lebih sering dialami wanita
  2. Usia
    Meskipun lupus dapat berefek pada segala usia, termasuk bayi, anak dan orang dewasa, tetapi lupus paling umum terdiagnosis pada mereka yang berusia antara 15 sampai 40 tahun.
     
  3. Ras
    Lupus umumnya terdapat pada ras Afrika, Hispanics dan Asia.
  4. Sinar matahari
    Terkena sinar matahari dapat membawa pada lupus kulit atau memicu respon internal pada mereka yang rentan.
     
  5. Obat-Obatan Pemicu Lupus
    Banyak obat yang secara potensial dapat memicu lupus, sebagai contoh antara lain adalah antipsychotic chlorpromazine; obat tekanan darah tinggi, seperti hydralazine; obat tuberculosis isonoazid dan obat jantung procainamide. Biasanya membutuhkan jangka waktu penggunaan dalam beberapa bulan sebelum gejala timbul.
     
  6. Terinfeksi virus Epstein-Barr
    Merupakan virus yang biasanya tertidur di dalam sel dari sistem imun anda meskipun tidak jelas alasan mengapa dan apa yang membuat virus tersebut aktif kembali.
     
  7. Terkena zat kimia
    Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka yang bekerja dan rentan terekspos merkuri dan silica memiliki peningkatan risiko lupus .
     
  8. Rokok
    Selain diatas juga perempuan perokok juga rentan terhadap lupus.

Sekalian dulu penjelasan mengenai Penyebab ,Jenis dan Faktor Risiko Penyakit lupus. Semoga bisa menambah pengetahuan anda dalam mengidentifikasi lupus .
Previous
Next Post »